Jangka Waktu Penyimpanan Makanan di Kulkas

Gambar: Sarihusada.co.id

BASHIRAHNEWS.COM- Kebanyakan orang menganggap bahwa dengan menyimpan makanan di dalam kulkas, makanan tersebut akan bertahan dalam waktu lama. Padahal, tidak selalu demikian.

Sebagian makanan memang harus disimpan di dalam kulkas untuk memperlambat pertumbuhan kuman serta menjaga makanan tetap segar dan aman untuk dikonsumsi lebih lama. 

Kendati demikian, makanan memiliki jangka waktu bertahan tertentu saat disimpan dalam kulkas, sebagai berikut: 

1. Buah-buahan dan Sayur-sayuran

Produk harus dibersihkan di bawah air mengalir dan disimpan di lemari es yang bersih pada suhu 40 °F atau di bawahnya, sesuai arahan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA).

Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) mengungkapkan, kentang yang dimasak dan sayuran lainnya dapat disimpan dengan aman di lemari es selama tiga sampai empat hari.

2. Roti

Roti dapat disimpan di dalam lemari es selama tiga sampai lima hari. Dan dapat disimpan di dalam freezer selama satu sampai tiga bulan.

3. Mentega

Mentega dapat bertahan selama satu sampai dua bulan di lemari es. Dan dapat bertahan  enam sampai sembilan bulan di dalam freezer.

4. Kue

Untuk menyimpan kue, jangan menyimpannya lebih dari satu minggu di lemari es dan tidak lebih dari enam bulan jika disimpan di dalam freezer.

5. Keju

Keju yang keras seperti, cheddar, swiss, dan parmesan. Keju-keju keras tersebut dapat bertahan selama tiga sampai empat minggu di dalam lemari es dan enam bulan dalam freezer.

6. Chicken Nugget 

Chicken nugget dapat disimpan selama tiga sampai empat hari di lemari es. Dan dapat disimpan selama satu sampai tiga bulan di dalam freezer.

7. Ayam Goreng

Jangan menyimpan ayam goreng lebih dari tiga atau empat hari di dalam lemari es. Dan jangan menyimpannya sampai empat bulan di dalam freezer.

8. Nasi

Nasi dapat bertahan hingga enam hari di lemari es dan enam bulan di freezer.

9. Sup

Sup bisa disimpan selama tiga sampai empat hari di dalam lemari es dan dua sampai tiga bulan di dalam freezer.

10. Tofu atau Tahu

Satu minggu merupakan batas penyimpanan tofu dalam lemari es dan lima bulan merupakan waktu penyimpanan maksimal tofu dalam freezer.

11. Susu dan Telur

Telur mentah dapat disimpan dengan aman selama 3 hingga 5 minggu sejak ditempatkan di lemari es. Dan telur rebus, menurut USDA, dapat disimpan selama seminggu. [Mila Sapitri]
Lebih baru Lebih lama