5 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

 

Gambar: detik.com

BASHIRAHNEWS. COM- Kunyit merupakan salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara.  Kunyit juga termasuk tanaman yang dapat digunakan sebagai penyedap maupun pewarna masakan.

Kunyit memiliki warna kuning yang pekat lantaran mengandung kurkumin. Pusat Medis Universitas Maryland juga meneliti bahwa sifat antioksidan curcumin mampu memerangi radikal bebas, sehingga terhindar dari berbagai penyakit kronis.

Dilansir dari Kontan.co.id, berikut inilah beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan:

1. Mencegah Penyakit Jantung

Kunyit diketahui dapat mencegah penyakit jantung karena mengandung kurkumin yang mampu meningkatkan fungsi lapisan pembuluh darah.

Selain itu, kunyit juga memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang berperan penting dalam mencegah penyakit jantung. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas kunyit dalam menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Mengurangi Depresi

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kunyit mampu mengurangi gejala depresi. Hal ini dikarenakan, kurkumin dalam kunyit dapat membantu antidepresan bekerja lebih baik.

3. Sembelit

Jika Anda sering mengalami sembelit, Anda bisa minum air rebusan kunyit untuk membantu melancarkan buang air besar akibat sembelit yang sedang Anda alami.

4. Asam Lambung

Kunyit efektif sebagai obat herbal untuk asam lambung. Dikutip dari Kompas.com, Anda cukup mengeringkan kunyit dan menumbuknya sampai halus.  Setelah itu, Anda seduh bubuk kunyit dengan air hangat lalu minum.

5. Meringankan Gangguan Menstruasi

Studi menunjukkan bahwa suplemen yang mengandung kurkumin dapat meringankan gejala PMS (Premenstrual Syndrome). Tidak hanya itu, kunyit juga diketahui dapat meredakan kram yang  umumnya dialami perempuan pada saat menstruasi. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya. []

Lebih baru Lebih lama