BASHIRAH MEDIA

Metode Inovatif dalam Menghafal Al-Qur'an

Salah satu kekuatan dari karya tulis Ir. Abdel Daim Al-Kaheel adalah pengalaman kehidupannya yang dipadukan dalam setiap karya-karya yang ditulis. Beliau tidak menuliskan hal yang muluk-muluk, melainkan menulis berdasarkan aksi nyata dan pengalaman pribadi.

Bersamaan dengan itu, sebuah kebenaran Ilahi yang sepatutnya kita pahami terlebih dahulu adalah bahwa Allah akan memudahkan menghafal Al-Qur’an bagi siapa yang berniat tulus menghafalnya.

Sebagaimana telah tertulis di dalam Al-Qur'an:

“Dan sungguh telah Kami mudahkan Al-Qur’an untuk diingat, apakah ada yang mau mengingatnya?” (Q. S. Al-Qomar: 17).

Meskipun seperti itu, pada kenyataannya masih banyak kaum Muslimin yang mempunyai niat kuat untuk menghafal Al-Qur’an, namun terkendala dengan waktu, usia, dan lain sebagainya.

Buku ini akan membahas solusi dari kendala-kendala tersebut. Buku berjudul “Metode Inovatif dalam Menghafal Al-Qur’an” merupakan satu diantara sekian banyak buku yang membahas mengenai metode dan teknik menghafal Al-Qur’an.

Buku ini murni memuat pengalaman-pengalaman pribadi penulis sebagai penghafal Al-Qur’an, dengan memaparkan apa yang telah dilakukannya dalam menghafal. Bahkan uniknya, penulis menghafal Al-Qur’an sambil tertidur. 

Di dalam buku ini dijelaskan bahwa, Anda cukup menyerahkan waktu khusus dari semua waktu-waktu yang Anda miliki untuk menghafal. Insya Allah, Allah akan men-support lingkungan yang cocok untuk kegiatan mulia ini. Selain itu, Anda juga mesti menggenapi tekad Anda dalam menghafal Al-Qur’an seraya menghadapkan hati sepenuhnya dan memohon kemudahan kepada Allah. 

Tutur penulis, aktivitas menghafal Al-Quran memperoleh manfaat yang luar biasa dan membawa kebahagiaan yang sulit untuk digambarkan. Bila diuraikan, menghafal Al-Qur’an bisa mengembangkan kreativitas, memperluas cakrawala berpikir, menajamkan ingatan, menenteramkan hati, mencerdaskan otak, bahkan bisa mengubah hidup Anda secara luar biasa.

Adapun keunggulan dari buku ini, yaitu menepis segala hal yang ditakuti dalam menghafal Al-Qur’an. Secara penulisan, buku ini disajikan dalam bahasa tulisan yang ringan, namun memenuhi syarat akan etika dan kesantunan dalam penulisan, berbeda dengan buku-buku metode lainnya yang cenderung menggunakan tulisan yang berat, sulit dipahami.

Dari sisi muatannya, pada awal buku ini menerangkan teori dengan gaya sederhana sekaligus mudah dipahami. Setelah itu, diberikan tips-tips bagaimana memulai dan menjaga hafalan. Lalu, secara praktis, buku ini menyajikan contoh konkret dari pengalaman penulis, serta kesimpulan berupa poin-poin. Sehingga, dapat lebih meyakinkan pembaca akan kebenaran metode menghafal yang ditawarkan penulis. 

Di samping itu, buku ini dicetak dalam bentuk fisik yang ideal seperti buku bacaan lainnya. Alhasil, buku ini gampang dibawa ke mana saja. [Muhammad Habib Arrasyid]

Data Buku

Judul Buku: Metode Inovatif dalam Menghafal Al-Qur’an

Pengarang: Ir. Abdel Daim Al-Kaheel 

Penerbit: Yayasan Rumah Tajwid Indonesia


Lebih baru Lebih lama