Mengubah Paradigma

Foto: penulis


Oleh Muhammad Afif Wafa | Mahasiswa STAI Al-Fatah, Cileungsi Bogor

Manusia adalah makhluk ciptaan Alloh Subhanahu Wata'ala, yang mana segala urusannya telah ditentukan oleh kehendak Tuhan alam semesta. Tidak ada satu makhluk pun yang dapat merubah takdir yang sudah ditentukan. Jangankan manusia, malaikat pun tidak bisa mengotak-atik ketetapan-Nya. 

Namun seiring dengan berjalannya waktu, sering kita dapati manusia mengeluh dengan takdir, serta begitu mudahnya kita lihat di sosial media. Pemuda hingga orang tua banyak yang mengeluh bahkan yang sedang viral saat ini yaitu mengeluh pada langit. 

Pasti kalian tahu bagaimana kalimatnya, kurang lebih seperti ini "langit bisa kah kau turun kan bla bla bla aku ingin bla bla bla dan bla bla bla" yang anehnya mereka itu tau bahwa keluhannya tidak dapat dikabulkan oleh langit. 

Nah mari kita renungkan, ketika kita tahu bahwa takdir yang sudah ditetapkan itu tidak bisa kita rubah maka bukan mengeluh yang harus dilakukan oleh kita, melainkan merubah pola pikir kita supaya dengan takdir yang Alloh berikan bisa membuat kita berkembang dengan maksimal dan tetap bermanfaat meskipun tidak sesuai dengan keinginan kita.

"Memaksakan takdir yang sudah ditentukan adalah sebuah hal yang mustahil namun merubah mainset dan paradigma adalah sebuah pilihan."

Sudah bukan waktunya kita terus terpuruk, mengeluh, menyalahkan takdir, dan tertinggal hanya karna takdir yang tidak sesuai dengan keinginan kita, namun sekaranglah saatnya menerima semua itu dan terus tumbuh menjadi versi terbaik dari dirimu.

Yakin dan lakukanlah niscaya kau akan menemukan keindahan dengan mensyukuri takdir Tuhan.[]

Lebih baru Lebih lama