Pagar Takdir

 

Foto Penulis

Oleh Alif Fardan | Mahasiswa STAI Al-Fatah Cileungsi, Bogor

Setiap orang pasti mempunyai cita-cita, impian ataupun keinginan kuat untuk mencapai sebuah tujuan. Banyak yang mengira bahwa sukses ialah meraih apa yang ia inginkan dan ia impikan karena usahanya sendiri. 

Apakah benar demikian?

Ternyata tidak, kesuksesan yang diraih, impian yang dicapai, dan cita-cita yang terwujud itu semua bukanlah sebab usaha diri sendiri, melainkan karena ada bantuan kecil dan bantuan besar. Bantuan kecil seperti doa orang tua atau orang terdekat dengan kita, support dari teman dan sahabat, serta bantuan besar ialah karena Allah SWT.

Dalam kitab SYARAH HIKAM karangan Syekh  Muhammad bin Ibrahim ada sebuah kaidah:

"سوابق المهم لا أخرق اسوار الاقدار"

" Cita- cita yang tinggi tidak bisa menembus pagar takdir"

Dalam penjelasan diatas beliau mengatakan bahwa semua kesuksesan yang terwujud itu bisa tercapai atas izin Allah SWT.

Inilah aqidah yang seharusnya dimiliki oleh setiap muslim, bahwa sukses dan gagal itu ketentuan Allah SWT, yang mana ketika kita lapang dada, qona'ah, dan khusnudzon, maka akan ada hikmah besar di setiap kejadian. Seperti halnya pada peristiwa perang Uhud yang awalnya dikira kemenangan tapi berakhir dengan kekalahan.

Dengan demikian jika kita paham akan takdir Allah, maka hidup kita akan tenang dan lebih tawadhu' ketika kita sukses dalam meraih impian. Karena hakikatnya Allah lah yang menyukseskan dan mempermudah urusan kita.

Semoga apa yang kita inginkan bisa terwujud dan tentunya mendapatkan ridho dari Allah SWT. Aamiin ya rabbal alamiin.[]

Lebih baru Lebih lama