Kesehatan Mental adalah Prioritas

Sumber: Instagram @sehatmental.id


Oleh Arina Islami | Mahasiswi STAI Al Fatah Cileungsi, Bogor


10 OKTOBER diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Dunia atau Mental Health International Day. Peringatan ini bertujuan untuk memberikan pendidikan kesehatan mental, kesadaran, dan pembelaan dunia melawan stigma sosial.


Di era sekarang, kita sudah tidak asing lagi dengan isu mental health. Berbagai campaign telah banyak disuarakan melalui media sosial dan siapa pun bisa mengaksesnya. Tentunya campaign tersebut memiliki tujuan yang sama dengan peringatan Mental Health Day.

Dilansir dari website Kementrian Kesehatan, kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar.

Seseorang yang bermental sehat dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal dalam menghadapi tantangan hidup, serta menjalin hubungan positif dengan orang lain.

Sebaliknya, orang yang kesehatan mentalnya terganggu akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, serta kendali emosi yang pada akhirnya bisa mengarah pada perilaku buruk.

Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab kesehatan mental kita terganggu. Salah satunya adalah faktor lingkungan.

Berada dalam lingkungan yang buruk, menjalin hubungan dengan orang-orang toksik, memiliki trauma masa kecil, hal-hal semacam itu tidak bisa kita anggap sebagai masalah sepele. Sebab gangguan kesehatan mental dapat memicu timbulnya penyakit kejiwaan, seperti depresi, stres, bipolar, dan lain sebagainya.

Cara terbaik untuk menjaga kesehatan mental yakni dengan menghindari faktor-faktor penyebabnya. Memutuskan hubungan dengan orang-orang yang merusak kesehatan mentalmu, bukanlah suatu kejahatan. Your mental health is a priority.

Tahun ini, Mental Health International Day mengusung tema "Mental health care for all: let's make it a reality (Perawatan mental untuk semua: mari kita wujudkan)".

Tema tersebut hanya akan berakhir sebagai quotes belaka, jika tidak ada kesadaran dari masing-masing kita untuk mewujudkannya. Biarkan aku meletakkan tanganku di bahumu, bersama menciptakan lingkungan yang sehat untuk jiwaku, jiwamu, dan semua jiwa yang berhubungan dengan aku dan kamu. Your mental health is a priority, others too.

Happy Mental Health International Day!

Lebih baru Lebih lama