Gejala Mata Kering

Ilustrasi seseorang yang mengalami mata kering


BASHIRAHNEWS.COM -Mata kering mungkin terkesan ringan karena biasanya dapat diatasi dengan obat tetes mata yang dijual bebas. Nyatanya permasalahan mata kering yang diabaikan dapat menyebabkan infeksi serius.

Dr. Damara Andalia, Sp.M mengungkapkan bahwa kasus mata kering di Indonesia memiliki prevelensi yang cukup tinggi yaitu sekitar 27,5 hingga 30,6 persen dengan populasi lanjut usia mencapai 5 hingga 30 persen.

"Selain itu, ada populasi tertentu yang memiliki risiko, salah satunya pasien dengan kelainan metabolik dan konsumsi obat-obatan," kata Damara di acara Virtual Media Briefing yang diadakan Combiphar, pada Rabu, (6/10/2021).

Mata kering merupakan sebuah kondisi lapisan mata manusia mengalami ketidakseimbangan. Jika didiamkan secara terus-menerus, maka akan mengakibatkan kerusakan pada bola mata. Banyak orang yang mengalami mata kering memiliki beberapa gejala yang bisa dirasakan. Ketika sudah mulai dirasakan, ada baiknya seseorang peka dan tidak memaksakan matanya untuk terus bekerja.

Ternyata mata kering saat ini bukan hanya disebabkan oleh faktor usia, tetapi bergeser pada gaya hidup. Sebuah data dari Universitas Alabama menyatakan, masalah penglihatan yang tidak terkoreksi (salah satunya mata kering) dapat mengurangi produktivitas hingga 29 persen. Pada kondisi tertentu, permasalahan mata kering yang diabaikan dapat menurunkan kualitas pada hidup.

Selain itu, beberapa gejala dari mata kering, mengutip Mayo Clinic yaitu seperti sensasi perih, terbakar, atau gatal di mata, lendir berserabut di dalam atau di sekitar mata, sensitivitas terhadap cahaya.

Jangan menyepelekan mata kering sebaiknya segera Melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab mata yang kering, bagaimana tingkat keparahan, serta mencari faktor penyebabnya sangat penting.[Yuharriska]

Yuharriska

Jurnalis Bashirah Media

Lebih baru Lebih lama