5 Buah Untuk Atasi Gejala Batuk



BASHIRAHNEWS.COM, BOGOR - Pada dasarnya, batuk adalah cara tubuh untuk menjaga kebersihan tenggorokan dari dahak maupun pemicu iritasi lainnya. Meski bertujuan untuk melindungi tubuh, akan tetapi batuk yang tak kunjung sembuh dapat sangat mengganggu.

Untuk mempercepat proses penyembuhannya, penderita batuk harus mengkonsumsi makanan sehat, seperti, buah-buahan dan sayur-sayuran. Adapun beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi bagi penderita batuk, sebagai berikut:

1. Jeruk

Buah jeruk mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yaitu sekitar 54 mg / 100 gram penyajian. Vitamin C dalam buah jeruk menjadi sumber antioksidan yang sangat baik untuk melawan infeksi dan menyerang semua radikal bebas dalam darah. 

Jeruk yang mengandung vitamin C, bekerja untuk mengurangi rasa nyeri pada bagian tenggorokan karena batuk atau iritasi yang sering terjadi karena batuk yang lama. Vitamin C dalam buah jeruk juga akan melawan semua bakteri yang ada di lendir pada tenggorokan. Fruitaholic dapat menambahkan perasan jeruk dengan madu untuk menyembuhkan batuk.

2. Nanas

Pada buah nanas terdapat enzim bromelain yang befungsi meredakan peradangan yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Di samping itu, bromelin dapat berfungsi selayaknya obat batuk mukolitik yang dapat memecah penggumpalan dahak di tenggorokan. Artinya, buah nanas merupakan buah yang bagus untuk mengurangi batuk berdahak.

Untuk mendapatkan manfaat dari buah ini secara maksimal dalam meredakan batuk, minumlah jus nanas tanpa gula. Meski begitu, Anda juga perlu berhati-hati dengan reaksi alergi bromelain di dalam tubuh. Hal ini biasanya dialami oleh pasien yang mengonsumsi antibiotik dan obat pengencer darah.

3. Jeruk Nipis

Buah yang memiliki nama latin Citrus Aurantifolia ini memiliki kandungan minyak atsiri yang mampu melemaskan otot-otot pernapasan dan melembapkan tenggorokan. Buah ini sangat bermanfaat untuk Anda yang mengalami batuk kering berkepanjangan penyebab tenggorokan perih dan gatal.

Selain itu, jeruk nipis mengandung berbagai zat antimikroba yang dapat membantu menangkal infeksi virus dan bakteri penyebab batuk. Salah satu cara populer untuk mengolah jeruk nipis sebagai obat batuk alami adalah dengan mencampur buah ini dengan kecap manis. Cara ini dapat mengurangi rasa asam yang kuat dari jeruk nipis.

4. Jeruk Lemon

Jeruk lemon memang mengandung khasiat yang sangat besar untuk mengobati batuk. Jeruk lemon bisa mengatasi berbagai jenis gejala flu seperti batuk, sakit kepala, dan hidung tersumbat. Jeruk lemon bisa mengatasi flu karena memiliki sifat diuretik yang bisa meningkatkan sistem pembuangan racun dalam tubuh. Selain itu, lemon juga bisa memerangi infeksi di tenggorokan, sehingga dapat meredakan batuk yang parah.

5. Jambu Biji

Jambu biji kaya akan vitamin C dan zat besi. Keduanya merupakan nutrisi yang mampu mencegah sekaligus meredakan batuk dan melawan infeksi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jus jambu biji segar dan rebusan daun jambu biji dapat membantu meredakan batuk dan pilek dengan cara mengurangi lendir di tenggorokan dan membunuh virus atau bakteri penyebab batuk yang ada di saluran pernapasan.

Mengobati batuk secara alami hanya sebatas mengurangi gejala, belum bisa untuk menyembuhkan penyakit penyebab batuk, terutama jika disebabkan oleh infeksi pernapasan yang serius. Oleh karena itu, jika batuk tidak kunjung sembuh setelah mengonsumsi buah-buahan, sebaiknya Anda segera periksa diri ke dokter.[Ahmad Firmansyah]
Mila Sapitri

Jurnalis Bashirah Media

Lebih baru Lebih lama