BTS dan EURO

 



Oleh M. Nailurridho | Mahasiswa STAI Al Fatah Cileungsi, Bogor


BEBERAPA hari sebelum final EURO, UEFA membuat polling lewat akun twitternya dan menampilkan 4 lagu yang menjadi nominasi di partai final euro. Keempat nominasinya adalah Butter' (BTS), 'Kill My Mind (Louis Tomlinson), 'Bad Guy' (Billie Eilish) dan 'Yeah' (User).

Setelah 3 hari, UEFA mengumumkan lagu-lagu mana yang meraih suara terbanyak. Hasilnya lagu 'Butter' (BTS) memuncaki daftar perolehan suara dengan 46,6 persen, diikuti 'Kill My Mind' (Louis Tomlinson 43,8 persen, 'Bad Guy' (Billie Eilish) 6,5 persen dan 'Yeah' (User) dengan 3,1 persen.

Namun ternyata UEFA tidak mematok hasil polling di atas sebagai lagu yang akan diputar di final EURO 2020. Keputusan ini memicu kemarahan penggemar BTS yang dikenal sebagai ARMY karena merasa dipermainkan oleh voting dari UEFA. Mereka menganggap jika UEFA mencari perhatian ARMY yang memiliki fans yang banyak.

Di sisi lain, ada juga yang menyayangkan lagu 'Butter' Milik BTS yang menang polling, terutama dari kalangan para pecinta sepak bola. 
Mereka menganggap bahwa kemenangan lagu "Butter" milik BTS karena kekuatan para "Army", padahal para penggemar BTS yang didominasi oleh kaum wanita belum tentu atau bahkan tidak menonton EURO 2020.

Menurut akun resmi UEFA, lagu-lagu itu akan masuk playlist vivo stadium dj. Keempat lagu di atas bukan merupakan theme song dari EURO 2020.

Theme song EURO 2020 kali ini berjudul 'We Are The People' yang dibawakan oleh Martin Farrix feat. Bono & The Edge.

Mereka tampil secara virtual saat opening ceremony EURO 2020 di Stadio Olimpico Roma, pada 11 Juni 2021 lalu.[]
Lebih baru Lebih lama