BASHIRAH MEDIA

6 Kades Meninggal Sebelum Dilantik Di Bangkalan

Foto: ilustrasi kematian (Andry Daud)

BASHIRAHNEWS.COM, MADURA- Enam Kepala Desa (Kades) terpilih di Pilkades Serentak 2021 di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, meninggal dunia sebelum disumpah jabatan oleh Bupati Bangkalan, Ra Abdul Latif Amin Imron.

Mereka di antaranya adalah Kades Desa Buluh Kecamatan Socah, Kades Tegar Priyah Kecamatan Geger, Kades Kamal Kecamatan Kamal, Kades Sendang Laok Kecamatan Labang, Kades Makam Agung dan Kades Desa Cendagah Kecamatan Arosbaya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bangkalan Taufan Zairinsjah telah mengkonfimasi hal tersebut. Ia mengatakan enam kades tersebut memang meninggal sebelum dilantik.

Bupati Bangkalan, Ra Abdul Latif Amin Imron mengatakan, sebanyak 6 Kades terpilih yang meninggal dunia akan dilakukan pemilihan ulang di tahun 2022. Sehingga, pihaknya akan menunjuk Penanggung jawab (Pj) untuk mengisi kekosongan jabatan selama menunggu terpilihnya kades baru.

“Untuk enam desa akan segera diterbitkan SK untuk Pj sementara, sebab enam calon meninggal dunia sebelum pelantikan,” jelasnya, Rabu (28/7/2021) lalu.

Rencana Pemkab Bangkalan menunjuk Pj selaras dengan desakan Ketua DPRD Bangkalan Mohammad Fahad. Dia mengingatkan pemerintah, dalam hal ini Bupati segera menunjuk Penanggung jawab (Pj) Kades.

Pelantikan kades sendiri telah digelar pada Rabu 28 Juli lalu. Bupati Bangkalan Ra Abdul Latif Amin Imron melantik 111 kades terpilih, di Pendopo Agung pada Rabu (28/7). Delapan di antaranya sebagai perwakilan kecamatan berada di lokasi pelantikan, Sisanya menjalani pelantikan virtual di Kantor Kecamatan.

Bupati yang akrab disapa Ra Latif itu meminta para kades terpilih untuk menjalin komunikasi dengan masing-masing perangkat desa agar memahami tugas dan kewajiban sebagai kades.[Shofi Laili]


Yuharriska

Jurnalis Bashirah Media

Lebih baru Lebih lama