Micin Memiliki Manfaat Sebagai Pupuk

Foto by Google 

BASHIRAHNEWS.COM, Dalam bercocok tanam, sering kali tumbuhan yang kita tanam memerlukan bahan tambahan selain tanah dan air. Yakni pupuk yang merupakan zat yang mendukung perkembangan tanaman.


Salah satu bahan tak terduga yang berkhasiat baik bagi tanaman adalah micin atau MSG, alias bumbu penyedap yang biasanya selalu tersedia di dapur.


Perlu diketahui bahwa micin bisa menjadi pupuk dalam proses pemupukan tanaman, karena kandungan senyawa yang dimilikinya.


Dikutip dari kanal Youtube Alam Organik, Kamis (3/6/2021), ada beragam manfaat micin untuk tanaman dan cara pengaplikasiannya.


Kandungan micin

Kandungan senyawa yang ada di dalam micin atau MSG adalah asam glutamat dengan konsentrasi 78 persen, natrium benzoat 12 persen, dan air 10 persen.


Asam glutamat merupakan sejenis asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh yang juga terdapat pada makanan alami lainnya, seperti tomat, susu, keju, dan lain-lain.


Sementara itu, natrium adalah salah satu unsur hara mikro yang sangat dibutuhkan dan besar perannya dalam pertumbuhan tanaman.


Nah, unsur hara natrium inilah yang menjadi titik penting bahwa micin dapat juga digunakan sebagai penyubur pada tanaman.


Manfaat micin untuk tanaman


1. Meningkatkan kadar air pada tanaman


Micin bisa meningkatkan kadar air pada tanaman karena kandungan senyawa natrium dapat mengikat air untuk diserap langsung oleh tanaman.


2. Mempercepat pembungaan pada tanaman


Khasiat dari penggunaan micin untuk tanaman yang kedua adalah mempercepat pembungaan pada tanaman, terutama tanaman sayur dan tanaman hias.


3. Tanaman jadi lebih tahan penyakit


Kalium yang terdapat di dalam micin memiliki manfaat untuk meningkatkan ketahanan tanaman terhadap penyakit.


Selain itu, kalium dalam micin juga dapat mengatur pembukaan dan penutupan stomata, meningkatkan fotosintesis dan metabolisme tanaman.


4. Pupuk yang ramah lingkungan


Karena sifatnya yang mudah larut di dalam tanah untuk diserap langsung oleh tanaman, maka micin merupakan salah satu bahan organik yang dapat dijadikan sebagai pupuk ramah lingkungan.


5. Mempercepat pembungaan


Micin ternyata bisa bermanfaat untuk tanaman hias.

Micin bisa mempercepat proses pembungaan terutama pada tanaman sayur dan tanaman hias. Hal ini karena pembungaan lebih cepat berkat kandungan nitrogen pada micin.


Cara menggunakanya:


Siapkan ember kecil, lalu bubuhkan 5 gram micin.

Tambahkan 1 liter air sumur.

Lalu, aduk hingga kristal micin larut bersama air.

Setelah itu, siramkan pada tanah satu tangkai tanaman yang baru berusia dua minggu.

Jika tanaman lebih banyak, ukuran ini dapat berlaku kelipatan.

Alternatif lain jika ingin daun semakin hijau dan lebat adalah dengan menyemprotkan larutan air micin ke bagian daun tanaman. [Muarofah] 

Lebih baru Lebih lama