Cara Mengembalikan Indra Penciuman

 


BASHIRAHNEWS.COM -Kehilangan indera penciuman dan perasa merupakan salah satu gejala umum yang timbul ketika terinfeksi Covid-19. Pada beberapa kasus, masalah kehilangan indera penciuman masih dialami pasien Covid-19 setelah dinyatakan sembuh. 

Anosmia atau kehilangan indera penciuman bisa terjadi karena berbagai penyebab tidak hanya karena Covid-19, tapi juga alergi, batuk dan pilek, sampai sinusitis.

Berikut makanan yang mengembalikan indera penciuman, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Bawang putih

Bawang putih muncul sebagai obat anti virus dan peningkat kekebalan selama pandemi. Ayurveda yang merupakan pengobatan tradisional yang berasal dari negara India, menyarankan bahwa konsumsi bawang putih pedas mengandung khasiat yang meredakan pembengkakan dan peradangan di sekitar saluran hidung.

Konsumsi bawang putih bermanfaat untuk memudahkan pernapasan dan pada akhirnya membantu memulihkan indra penciuman dan rasa lebih cepat. Meskipun bawang putih mungkin tidak bisa dihirup, Anda bisa membuat ramuan panas dari bawang putih yang dihancurkan dan diberi air.

2.Minyak esensial

Pelatihan penciuman adalah cara yang ampuh untuk memperbaiki otak untuk mengembalikan kemampuan indra penciuman dan pengecap. Pelatihan penciuman dapat dilakukan dengan menghirup minyak esensial selama 20-40 detik dan lakukan dua atau tiga kali sehari.

3.Lemon

Kandungan vitamin C, antioksidan, dan sifat anti-mikroba yang kuat dalam lemon sangat penting dalam mengobati infeksi yang menyebabkan timbunan lendir berlebihan di saluran hidung yang diikuti dengan hidung berair yang tersumbat.

Peras jus satu lemon dalam segelas air hangat dan tambahkan satu sendok teh madu dan minum teh lemon ini dua kali sehari untuk menghilangkan tenggorokan dan hidung tersumbat.

4.Jahe

Gingerol, konstituen aktif jahe memberikan aroma dan rasa jahe yang khas yang membantu merangsang indera perasa dan meningkatkan indera penciuman.

Selain itu, sebagai ekspektoran alami, ini juga menunjukkan sifat anti-mikroba dan pereda nyeri yang ampuh yang membantu mengobati infeksi di saluran hidung dan membersihkan partikel rematik dari hidung.

Anda bisa mengonsumsi jahe dengan menyeduhnya menjadi teh atau mengunyahnya sedikit saja untuk meningkatkan indra penciuman Anda.

5. Minyak jarak

Minyak jarak adalah bahan yang mengandung sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan telah digunakan oleh orang-orang yang sering menderita gejala nyeri sinusitis dan alergi untuk mengurangi pertumbuhan polip hidung. Ini juga cukup bermanfaat dalam meredakan gejala batuk, pilek, membangun kembali indra penciuman.[Falah Al Khumaeroh Zahroh]

Yuharriska

Jurnalis Bashirah Media

Lebih baru Lebih lama