11 Manfaat Mengkonsumsi Lemon dan Efek Sampingnya

ilustrasi

BASHIRAHNEWS.COM - Lemon adalah salah satu buah yang kaya akan manfaat mulai dari kesehatan, kecantikan, dan masih banyak manfaat lainnya. Kandungan air lemon sangat bermanfaat bagi tubuh, kandungan air lemon yang terdiri dari vitamin C, vitamin B5, B3, B2, B1, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, asam sitrat, asam folfat dan kandungan-kandungan lainnya.


Banyaknya kandungan nutrisi tersebut, membuat lemon kaya akan manfaat, sehingga sangat baik dikonsumsi bagi tubuh. Apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh 

Sudah bukan rahasia bila jeruk lemon bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh. Dalam 100 gramjeruk lemon mengandung sekitar 39 mg vitamin C. 

Kadar vitamin C yang cukup tinggi di dalam jeruk lemon membuatnya tidak mudah rusak karena memiliki pH yang cukup asam yakni 2-3. 

Selain itu jeruk lemon juga mengandung quersetin yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. 

2. Menghidrasi Tubuh

Manfaat air jeruk lemon yang pertama adalah bisa menghidrasi tubuh. Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa manusia membutuhkan nutrisi gula, kalori dan vitamin lainnya dari makanan dan minuman. Wanita minimal harus memenuhi 91 ons per hari dan pria 125 ons per hari.

Air merupakan minuman terbaik untuk menghidrasi tubuh, tetapi beberapa orang ada yang tidak menyukai rasa air alami. Menambahkan perasan jeruk lemon di minuman bisa membantu untuk meningkatkan rasanya sehingga minum jadi lebih banyak.

3. Sumber Vitamin C

Jeruk lemon dikenal kaya akan vitamin C, antioksidan utama yang membantu untuk melindungi sel dari kerusakan radikal bebas. Vitamin C juga dapat mengurangi risiko dari penyakit jantung, stroke, dan menurunkan tekanan darah. Kandungan dari satu gelas air jeruk lemon memiliki sekitar 18,6 miligram vitamin C. Jumlah harian yang dianjurkan untuk orang dewasa sekitar 65 sampai 90 miligram.

4. Menurunkan Berat Badan

Manfaat air jeruk lemon yang sudah dikenal luas adalah untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan zat polifenol dalam jeruk lemon dapat membantu menurunkan berat badan. Nah, jika kamu sedang menjalankan program diet dan ingin mencoba menggunakan air jeruk lemon, cobalah memasukkan air jeruk lemon hangat ke dalam daftar menu program diet kamu. Segera rasakan berat badan yang turun dengan cepat.

5. Membantu Sistem Pencernaan Tubuh

Air jeruk lemon berfungsi untuk pencahar dan  membantu mencegah sembelit. Minum air lemon hangat ketika bangun di pagi hari dapat membantu untuk membuat sistem pencernaan kamu jadi lebih baik. Air lemon juga diketahui bisa membantu detoks untuk mencegah penumpukan racun dalam tubuh.

6. Menyegarkan Napas

Mengoleskan lemon pada tangan yang terkena bawang putih atau bau menyengat lainnya bisa mengatasi aroma tak sedap tersebut agar hilang. Ini juga berlaku saat mulut menjadi bau yang disebabkan oleh makanan dengan bau yang kuat, seperti bawang putih, bawang bombay, atau ikan. Hal tersebut karena lemon dapat merangsang air liur dan juga membantu mencegah mulut kering yang menyebabkan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri.

7. Mengurangi Kerutan pada Kulit

Minum air lemon hangat di pagi hari sangat baik untuk kesehatan kulit. Hal ini dipercaya dapat menjaga kelembaban kulit, membantu kulit terlihat segar, dan mengurangi kerutan atau keriput pada kulit. Manfaat ini dikarenakan kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada buah lemon.

8. Mengontrol gula darah 

American Diabetes Association (ADA) memasukkan jeruk lemon sebagai superfood diabetes. Jeruk lemon mengandung quersetin yang berperan untuk menyeimbangkan  kadar gula darah dalam tubuh.

9. Mencegah kanker 

Jeruk lemon mengandung flavonoid yang berperan sebagai penangkal radikal bebas dan aktioksidan. Flavonoid juga berfungsi sebagai antivirus, antikanker, dan antialergenik. 

Asian Pasific Journal of Cancer Prevention menyebutkan bahwa ekstrak lemon meningkatkan pemrograman kematian sel di dalam sel kanker payudara. 

10. Menyehatkan jantung

Jeruk lemon kaya akan kalium. Mengutip dari buku Khasiat Lemon untuk Kestabilan Kesehatan karya Hindah Muaris, dalam 100 gram jeruk lemon mengandung kalium sekitar 140 mg. 

Kalium merupakan mineral yang penting untuk otak karena bermanfaat mengontrol detak jantung dan tekanan darah. 

11. Mencegah penyakit batu ginjal 

Jeruk lemon bermanfaat untuk mencegah penyakit batu ginjal bila dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan. 

Penelitian yang dilakukan di Maroko tahun 2007 melaporkan bahwa minum jus lemon dapat mencegah pembentukan batu ginjal pada tikus. 

Efek samping jeruk lemon

Lemon memang kaya akan antioksidan dan senyawa aktif yang baik untuk kesehatan. Namun, terlalu banyak mengonsumsi lemon bisa memicu masalah kesehatan. 

Mengutip dari Kompas.com, minum air lemon terlalu banyak bisa memicu heartburn, mual dan muntah. 

Menurut American Dental Association minum air lemon secara berlebihan bisa memperburuk sariawan. 

Tidak hanya itu, terlalu banyak konsumsi air lemon memicu meningkatnya produksi urin di ginjal dan pada kasus tertentu menyebabkan dehidrasi. 

Maka dari itu, Anda sebaiknya mengonsumsi lemon secukupnya. [Muhammad Iskandarsyah]

Yuharriska

Jurnalis Bashirah Media

Lebih baru Lebih lama