4 Jenis Minuman yang Dapat Merusak Ginjal

Foto by Google 

BASHIRAHNEWS.COM, Apa yang Anda minum sama pentingnya dengan apa yang Anda makan dalam hal kesehatan.


Akan tetapi, banyak minuman yang Anda konsumsi setiap harinya dapat memiliki efek samping yang serius pada ginjal Anda, yang berpotensi menyebabkan kerusakan ginjal dari waktu ke waktu.


Dikutip dari cnnidonesia.com, berikut jenis minuman yang dapat membahayakan kesehatan ginjal Anda dalam jangka panjang.


1. Soda


Jika Anda ingin melindungi kesehatan ginjal, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk mengurangi soda manis.


Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nephrology pada 2016 menemukan bahwa, di antara 2.382 peserta dalam studi Tehran Lipid dan Glukosa, mereka yang minum lebih dari empat minuman ringan manis dalam seminggu memiliki risiko dua kali lebih besar terkena penyakit ginjal daripada mereka yang minum setengah porsi soda atau kurang setiap minggu.


Temuan yang diterbitkan dalam jurnal Epidemiology menemukan bahwa individu yang melaporkan konsumsi harian dua atau lebih cola yang biasanya mengandung asam fosfat berisiko lebih tinggi terkena penyakit ginjal kronis daripada mereka yang menghindari minuman tersebut.


2. Diet soda


Minum diet soda mungkin tidak jauh lebih baik daripada minuman yang dimaniskan dengan gula atau sirup jagung fruktosa tinggi dalam hal kesehatan ginjal Anda.


Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Clinical Journal of American Society of Nephrology pada 2011, di antara 3.318 peserta wanita dalam Nurses 'Health Study, mereka yang minum dua atau lebih soda dengan pemanis buatan sehari dua kali lebih mungkin mengalami penurunan fungsi ginjal.


3. Jus dengan pemanis


Dengan kandungan gula yang tinggi dan kalori yang cukup, jus dengan pemanis bukanlah teman yang baik untuk lingkar pinggang Anda atau bahkan ginjal Anda.


Di antara peserta studi Tehran Lipid dan Glukosa, orang yang minum minuman manis memiliki tingkat penyakit ginjal kronis yang lebih tinggi secara signifikan daripada mereka yang jarang minum minuman manis.


4. Alkohol


Jika Anda rutin minum-minuman alkohol, bukan hanya kesehatan hati Anda yang mungkin menderita.


Sebuah studi perbandingan yang diterbitkan dalam jurnal Nephrology Dialysis Transplantation menemukan bahwa, di antara sekelompok 6.259 orang dewasa, mereka yang mengaku sebagai peminum berat memiliki tingkat albuminuria yang jauh lebih tinggi, sebuah indikator kandungan protein albumin dalam urin seseorang dan tanda penyakit ginjal.[Mila] 

Lebih baru Lebih lama