Webinar Internasional, Kemenlu RI : Dunia Masih Belum Pulih dari Pandemi

Foto : YouTube/Al Jama'ah TV

BASHIRAHNEWS.COM, BOGOR
- Direktorat Timur Tengah Kemenlu RI, Bagus Hendraning Kobarsyih mengatakan bahwa dunia pada saat ini masih belum pulih akibat pandemi covid-19.


"Kondisi ini juga menimpa saudara kita di Palestina, menurut data yang kami punya sekarang, korban yang terinveksi covid mencapai lebih dari 266 ribu orang dengan tingkat kematian mencapai 2.600 orang," tuturnya dalam sambutan di kegiatan Webinar Internasional, Sabtu (3/4).


Pada acara yang bertema "Menggalang Kerjasama Universal dalam Pembebasan Masjid Al Aqsa dan Kemerdekaan Palestina" tersebut Bagus juga mengungkapkan bahwa keadaan itu diperburuk dengan terbatasnya tenaga kesehatan, rumah sakit, obat-obatan, vaksin, peralatan kesehatan dan hambatan dari pemerintah Israel. 


Ia juga menambahkan, di tengah berbagai kecaman dan kritikan, pemerintah Israel terus melancarkan aksi ilegalnya dengan melakukan penangkapan, penggusuran, aneksasi, dan penyitaan ratusan bangunan milik warga palestina dan tidak memperdulikan hukum internasional.


Beberapa waktu lalu media menyiarkan sekelompok bersenjata Israel menyerang komplek Masjid Al Aqsa dan menangkap Sheikh Ekrima Sabri yang merupakan Imam besar Masjid Al-Aqsa.


"Bagi Indonesia, posisi rakyat Palestina masih tetap dan tidak berubah, dukungan kepada rakyat Palestina akan selalu berdasarkan resolusi PBB dan Parameter Internasional yang telah disetujui, diantaranya yang paling penting adalah mencakup solusi dua negara," tegasnya.


Anshorullah, Presidium Aqsa Working Group (AWG) mengatakan, kegiatan Webinar Internasional ini merupakan rangkaian acara dari Tabligh Akbar Virtual 2021 yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia bahwa pentingnya membela Palestina dan Masjid Al Aqsa.


"Seperti yang kita tahu bahwa Palestina masih di bawah jajahan Israel, dan menjadi satu-satunya negara yang masih dijajah dan menjadi kewajiban kita umat Islam khususnya di Indonesia untuk mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina dan pembebasan Masjid Al Aqsa dari cengkraman Yahudi Zionis," kata Anshorullah kepada Tim Bashirahnews.


Dalam Webinar Internasional tersebut, selain Kemlu RI, juga menghadirkan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhai Al Shun, dengan melibatkan lima panelis di antaranya, Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internastional MUI Prof. Sudarnoto Abduh Hakim, Direktur Middle East Monitor, London Dr. Daud Abdullah, Ahli Fisiologi Islam Asia Tenggara dan Studi Semiotik di Rungkut dan Dosen Unair Surabaya Mochammad Ali, M.A., Ulama Akademisi Asal Nigeria DR. Ahmed Abdul Malik, Akademisi, Guru Besar Universitas Islam Gaza Mahmud Anbar. Pembina Aqsa Working Group Imaamul Muslimin KH. Yakhsyallah Mansur, sebagai keynote speaker.


Kegiatan Webinar Internasional Virtual yang dilaksanakan di Masjid At Taqwa Cileungsi, Bogor tersebut diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai kalangan di seluruh Indonesia. [Arina Islami

Lebih baru Lebih lama