Penderita Darah Tinggi? Jagung Muda Bisa Jadi Obatnya

ilustrasi

BASHIRAHNEWS.COM
- Jagung adalah salah satu panganan pengganti nasi. Panganan berkarbohidrat ini dikonsumsi tidak hanya yang matang, jagung muda pun memiliki sejumlah manfaat termasuk sebagai obat darah tinggi.


Tekanan darah tinggi umum diderita masyarakat tanah air. Tekanan darah tinggi bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu.Jagung muda bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi bila dikonsumsi secara rutin.

Jagung muda diketahui memiliki kadar lemak rendah dan banyak kandungan protein, kalsium, kalium, berbagai vitamin (A, C, B12, B15), serat dan senyawa lain.


Sebagai perbandingan, didapat dari berbagai sumber, jagung biasa dengan berat 3 ons, memiliki sekitar 22 gram karbohidrat. Sedangkan pada jagung muda dalam jumlah yang sama, hanya mempunyai 8 gram karbohidrat saja.

Berikut sejumlah manfaat jagung muda termasuk sebagai obat darah tinggi, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengurangi tekanan darah tinggi
Mengandung fenol, jagung muda membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Tak ayal, jagung muda kemudian diyakini bisa menjadi obat darah tinggi.

2. Mencegah anemia
Jagung muda diyakini juga membantu mencegah anemia karena kandungan zat besi di dalamnya. Ini bisa mencegah kekurangan zat besi seperti anemia.

3. Meningkatkan sistem pencernaan
Menurut ahli diet di Nayati Hospital, India, dr Aastha Sharma, karena tinggi serat, jagung muda juga membantu meredakan sembelit. Sebuah penelitian juga merekomendasikan penggunaannya pada pasien kanker usus besar.

4. Mengurangi risiko kanker
Jagung muda adalah sumber antioksidan yang kaya yang melawan radikal bebas penyebab kanker dan dengan demikian bantu mengurangi risiko kanker.

5. Meningkatkan penglihatan mata
Tidak kalah dengan wortel jagung muda juga sumber vitamin A yang kaya untuk membantu menjaga penglihatan mata Anda.

Tentu Anda tidak hanya cukup mengonsumsi jagung muda secara rutin untuk mengendalikan tekanan darah. Namun, pola hidup yang sehat juga perlu Anda lakukan seperti mengatur pola makan, aktivitas fisik, dan istirahat yang cukup. [Mu'arofah]
Lebih baru Lebih lama