Kabinda Papua Meninggal Ditembak KKB Di Beoga

 




BASHIRAHNEWS.COM-Kepala Badan Intelijen Nasional Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha meninggal dunia setelah ditembak kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Ahad (25/4).


Dikutip dari CNNIndonesia, Pangdam XVII/ Cenderawasih, Mayjen Igmatius Yogo Triyono menyebut pelaku penembakan dilakukan oleh kelompok Lekagak Telengen.


"Dari laporan yang saya terima pelaku penembakan terhadap korban berasal dari kelompok Lekagak Telngen,"ujarnya, Senin (26/4).


Dikutip dari Kompas.com, Wawan mengatakan, kehadiran Kabinda Papua di Kampung Dambet merupakan dalam rangka observasi lapangan guna mempercepat pemulihan keamanan pasca-aksi brutal KKB di wilayah tersebut.


Kunjungan pimpinan tertinggi BIN Papua di lapangan juga sebagai upaya untuk meningkatkan moril dan semangat kepada masyarakat yang selama ini terganggu akibat kekejaman dan kebiadaban KKB.


Wawan menyampaikan, saat ini telah dilaksanakan proses evakuasi dari lokasi.


Rencananya, Senin pagi ini jenazah akan dibawa ke Timika yang selanjutnya diterbangkan ke Jakarta guna dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.


"Dan dinaikkan pangkatnya secara anumerta menjadi Mayor Jendral. Selain itu, Satgas BIN dibantu unsur keamanan lainnya terus melakukan pengejaran terhadap kelompok separatis dan teroris Papua tersebut," kata dia.


Ia juga mengatakan bahwa Danny merupakan sosok hangat dan berprestasi. Ia dikenal memiliki karier cemerlang di kesatuannya dan pekerja keras.[Mila Sapitri]

Lebih baru Lebih lama