Jomblo Kok Dibully..

Foto : Penulis


Oleh Sa'adah Fitria | Mahasiswi STAI Al-Fatah Cileungsi, Bogor 


SEKARANG ini sedang marak beredarnya pembullyan di kalangan anak muda. Terutama bagi mereka yang masih asik dengan kesendiriannya, apa lagi namanya kalau bukan JOMBLO.

 

Jomblo itu keadaan di mana seseorang sedang tak menjalin suatu hubungan dengan lawan jenis. Karena faktor kesendirian ini, sering kali para jomblowan dan jomblowati jadi bahan bullyan sesama teman. 

 

Sebetulnya jomblo itu tak boleh dibully, apa lagi ditanya "kapan nikah?". Kita selaku teman harus melihat keadaannya bagaimana. Jika dia tidak punya uang, ya dibantu. Jika dia belum menikah, kenalkan padanya saudara atau saudarimu yang masih berstatus sendiri dan ingin mempunyai pasangan halal. 

  

Kita tak pernah tau alasan mereka, mengapa masih asik dengan kesendiriannya. Bisa saja alasan mereka masih sendiri karna ingin menjaga dirinya dari perbuatan maksiat yang dibenci oleh Allah, dan bisa saja mereka tengah memperbaiki diri untuk lebih dekat dengan Allah selaku sang pencipta. 

  

Kita pun tak pernah tau bagaimana doa-doa yang selalu mereka panjatkan setiap harinya. Terkadang mereka lebih senang untuk sendiri karena mereka mendambakan pasangan halal yang sholeh atau sholehah, karena mereka yakin bahwa jodoh adalah cerminan diri.

 

Sebagaimana yang telah tercantum dalam firman Allah QS. An-Nur ayat 26 : 

الْخَبِيثَاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَاتِ ۖ وَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ ۚ أُولَٰئِكَ مُبَرَّءُونَ مِمَّا يَقُولُونَ ۖ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ


"Wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji; dan sebaliknya, laki-laki yang keji adalah untuk wanita yang keji. Begitu pula, wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik; dan sebaliknya, laki-laki yang baik adalah untuk wanita yang baik. Mereka (yang di tuduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga)."


Maka dari itu stop membully para jomblo. Secara sadar atau tidak sadar, kalimat yang kita lontarkan bisa saja menyakiti hatinya.

 

Untuk itu maafkan kekhilafan kami yang barang kali membully kalian yang masih sendiri alias menjomblo🙏

Lebih baru Lebih lama