Tanah Longsor Terjang Cimanggung Sumedang, 11 Orang Meninggal


BASHIRAHNEWS.COM, SUMEDANG - 
Bencana tanah longsor menerjang Perum Pondok Daud, Kampung Bojongkondang RT 03/10, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (9/1/2020) sore. 11 orang ditemukan meninggal akibat tertimbun longsor.

Peristiwa itu dipicu oleh hujan deras yang mengguyur Kabupaten Sumedang dan sekitarnya. Tingginya debit air yang mengguyur kawasan itu menyebabkan tebing tanah setinggi 20 meter dan panjang 40 meter di belakang Perum Pondok Daud longsor dan menerjang bangunan rumah warga.

"Hingga malam Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian, sementara bertambahnya korban akibat adanya longsor susulan yang mengakibatkan lebih dari 40 rumah di Kec Cimanggung Sumedang yang tertimbun," kata Kepala Basarnas Jabar Deden Ridwansah.

Deden juga menambahkan Tim SAR Gabungan telah menurunkan satu alat berat untuk memudahkan proses pencarian dan lertolongan korban longsor.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, tanah longsor itu awalnya menimpa sedikitnya delapan rumah warga dan mengakibatkan satu orang warga tertimbun longsor. Hingga Minggu (10/1/2020) dini hari Tim SAR Gabungan telah berhasil menemukan 14 orang korban dan 11 diantaranya meninggal akibat tertimbun longsor. [Fatimah]



Lebih baru Lebih lama