Menjadi Diri Sendiri

Ilustrasi Self Love

 

BASHIRAHNEWS.COM-Orang kerap memberi saran, "just be yourself" atau "jadilah diri sendiri". Kedengarannya memang gampang, tapi bagaimana caranya? Inilah yang sulit dilakukan, Robert Kelsey, penulis buku What's Stopping You Being More Confident?, mengungkapkan bahwa menerima diri sendiri adalah langkah pertama bagaimana kita bisa menjadi diri sendiri.


Apa yang kalian rasakan ketika berpura-pura menjadi orang lain? Kita mungkin merasa aneh, tidak santai, tidak bahagia, atau tidak menikmati hidup. Bukan tidak mungkin juga kita tidak memiliki banyak teman.

Tentu saja, perasaan dan kondisi tersebut berkebalikan jika kita menjadi diri sendiri apa adanya. Sayangnya, kita merasa menjadi diri sendiri itu bukanlah hal gampang. Terlebih, kita tidak tahu harus dari mana memulainya.


Kita dapat memulainya dengan cara berikut ini:


1. Menerima diri sendiri apa adanya


Langkah ini ada di urutan pertama agar kita bisa menentukan poin-poin penting menemukan kelebihan yang ada di dalam diri. Ada orang yang butuh waktu bertahun-tahun untuk menemukannya, ada juga yang mencoba terus dan fokus sehingga bisa lebih cepat menemukan kelebihan dalam dirinya. 


Dari sana kita bisa berhadapan pada kondisi di mana kita harus menerima diri sendiri. Jika sudah berhasil rasanya akan lebih nyaman, ikhlas, dan jauh dari rasa stres.


2. Kenali diri Anda sendiri


Menerima segala kekurangan yang dimiliki mungkin menjadikan kita mampu mengenali diri sendiri, seperti lebih peka terhadap apa Yang kita sukai atupun tidak.


3.Jangan mengeluh


Berkeluh-kesah akan hal yang tidak penting. Lebih baik beri kesempatan pada diri sendiri untuk bertumbuh dan menentukan batasannya sendiri. Kita yang dulu tidak akan sama dengan kita 15 atau 35 tahun setelahnya. Jadi belajar dari kesalahan dan teruslah melangkah menjadi lebih baik.


4. Jangan mengkhawatirkan apa yang orang katakan atau pikirkan

Berpura-pura menjadi orang lain biasanya disebabkan oleh rasa khawatir akan apa yang orang katakan atau pikirkan tentang kita. Untuk menghilangkan penyebab ini, mulai sekarang jangan khawatirkan atau pusingkan apa yang akan orang katakan atau pikirkan tentang kita.


Karena kita tidak bisa mengendalikan pikiran dan perkataan orang lain. Selain itu, kita juga tidak mungkin menyenangkan semua orang.


Tampillah seperti yang kita inginkan. Lakukan apa yang kita sukai dan Senangkan diri kita sendiri,Kita bisa menjadi diri sendiri sehingga kita lebih bahagia dan lebih menikmati hidup.[]


Lebih baru Lebih lama