Kejarlah Impian Dengan Tahajud

Ilustrasi : Sholat/Doknet

Oleh : Alif Fardan | Mahasiswa STAI Al Fatah Cileungsi


SHALAT tahajud merupakan salah satu ibadah dengan banyak sekali keutamaan, di antaranya dapat menjadikan badan sehat, menghadirkan ketenangan dalam hati dan do'a yang kita panjatkan akan terkabul.


Tapi sayang seribu sayang, banyak di antara kita yang belum mampu untuk mengistiqomahkan ibadah yang satu ini. Padahal, shalat tahajud merupakan sebuah tolok ukur kemuliaan diri kita di hadapan Allah SWT, bahkan shalat tahajud adalah salah satu amalan ahli surga saat di dunia sebagaimana firman-Nya dalam surah Adz-Dzariyat ayat 7 :


كَانُوا قَلِيلًا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ


"mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam" [QS Adz-Dzariyat (51):7]


Ada sebuah kata-kata indah yang mungkin bisa mengetuk hati kita :


"Jika impianmu tidak mampu membuatmu bangun malam untuk mendirikan tahajud, itu artinya kamu tidak serius dalam mengejar impian itu."


Waktu tahajud memanglah waktu yang diperintahkan untuk memperbanyak do'a, karena sebagaimana dikatakan dalam sebuah hadis sahih :


“Tuhan kita yang Maha Agung dan Maha Tinggi turun setiap malam ke langit dunia ketika telah tersisa sepertiga malam terakhir. Dia berfirman, “Siapa pun yang berdo'a kepada-Ku, maka Aku akan mengabulkannya, siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku akan memberikannya. Siapa yang memohon ampun kepada-Ku maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)


Maka dari itu tatkala kita mempunyai sebuah impian, tujuan hidup, hajat atau apapun itu, mari kita bangun hubungan kepada Allah SWT dengan membiasakan diri bangun malam dan shalat tahajud, agar Allah SWT selalu menjaga kita dan mengabulkan semua do'a yang kita panjatkan.

Lebih baru Lebih lama