Gn. Ile Ape Muntahkan Abu 4.000 Meter, Adonara Kena Imbasnya

 


BASHIRAHNEWS.COM, ADONARA - Gunung Ile Ape atau Ile Lewotolok yang berada di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur keluarkan abu vulkanik 4.000 meter dari puncak. Abu vulkanik ini juga sampai ke Adonara, pulau yang berdekatan dengan Pulau Lembata.


"Erupsi saat ini ketinggiannya 4.000 meter di atas puncak, lebih tinggi dari sebelumnya. Aktivitas magmatik masih tinggi di Lewotolok. Hujan abu terjadi, utamanya di sektor barat hingga selatan gunung api," ungkap Kasubbid Mitigasi Gunung api Wilayah Timur ESDM, Devy Kamil Syahbana, Minggu (29/11) dikutip dari ANTARA.


Warga Adonara di beberapa desa mengakui bahwa abu vulkanik menghujani desa mereka. Antara lain desa Horowura, Witihama, Wewit dan Waiburak.


BACA JUGA : Gunung Ile Ape Erupsi, Lembata Dihujani Abu Vulkanik dan Batu


"Pas perjalanan pulang dari sana, di Horowura lebat sekali hujan abunya. Mata saya perih," ucap Suparti kepada Bashirahnews.com


Suparti ialah salah satu warga Adonara yang melakukan perjalanan dari desa Horowura ke desa Waiburak. 


"Di Waiburak juga hujan abu, tapi tidak terlalu lebat. Anginnya kencang, jadi abunya sampai masuk rumah. Kalau di Witihama lebat sekali, jalanan sudah putih semua," lanjut Suparti. [Arina Islami] 



Lebih baru Lebih lama