Nano Sumarno Ungkap 9 Langkah Meraih Mimpi



Laporan : Siti Fatimah

BASHIRAHNEWS.COM, BOGOR - Manusia itu mempunyai dua hormon yang mempengaruhi diri yaitu hormon endorfin dan hormon cortisol. Jika seseorang sering tersenyum dan mudah bahagia maka ia akan senang membantu orang, namun sebaliknya jika suka marah, mendendam dan sakit hati maka akan mudah sakit.


Demikian dikatakan Nano Sumarno, M.Ikom,CT,CPS,CPEC, Trainer, Public Speaker dan Coach ESQ 165, saat membuka acara seminar motivasi di STAI Al-Fatah, Cileungsi, Bogor pada Sabtu (3/10).


Seminar ini mengambil tema "Strategi Meraih Impian". Menurut Nano, mempunyai impian itu penting bagi setiap orang agar mempunyai fokus dan tujuan hidup, akan melakukan dan menjadi apa kedepannya.


Ia mengatakan, dalam meraih impian seseorang harus menggunakan kecerdasan spiritual, karena sekarang banyak orang hanya menggunakan kecerdasan intelektual. Di Indoenesia, misalnya, banyak orang -orang cerdas, pendidikannya tinggi namun masih korupsi dan melanggar hukum.


Berikut 9 langkah dalam mewujudkan impian yang disampaikan Nano Sumarno di acara seminar tersebut, antara lain, greatefull heart, vision focus, act as it, Me time, Flip switch, deliberate action, continous learning, give before get, conection


Nano juga mengungkapkan bahwa, kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual digambarkan seperti sebuah pohon. 


Ranting, daun dan buah diibaratkan sebagai kecerdasan intelektual yang mempunyai nilai 15%, sedangkan akar pohon diibaratkan sebagai kecerdasan spiritual yang mempunyai nilai 85%.[]

Lebih baru Lebih lama