Kasus Despianoor, Warganet Ramaikan Tagar #BebaskanDespianoor



BASHIRAHNEWS.COM, Kota Baru - Jagat maya hari ini Senin, (19/10/20) kembali di ramaikan dengan tagar #BebaskanDespianoor dan #UlamaDukungDespi. Despianoor Wardani ditangkap dan diadili di pengadilan karena aktivitasnya di media sosial facebook yang dianggap melanggar hukum.


Despianor Wardani diketahui berprofesi sebagai tenaga pengajar honorer di Sekolah Dasar (SD) Luar Biasa Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Kasus ini berawal ketika Unit Reskrim Polres Kalimantan menemukan unggahan-unggahan Despi di media sosial yang dianggap melanggar hukum.

Seperti yang diketahui publik, Despi sering memposting artikel-artikel terkait dakwah diakun facebooknya. Karena postingannya tersebut membuat Despi dilaporkan dengan tuduhan melakukan penyebaran kebencian dan permusuhan terhadap negara.

Pada Rabu (9/9/2020) lalu, Despi divonis bebas dari tuduhan tersebut. Namun pada Senin (28/9/2020), ia kembali mendapat putusan dari pengadilan bahwa ia bersalah. Sebelum sidang terakhir kemarin, Despi sudah kerap mengikuti sidang atas tuduhan tersebut.

Setelah putusan bersalah itu dikeluarkan banyak warganet yang melontarkan dukungan untuk Despi, di media sosial seperti Instagram dan twitter dengan tagar #DespiTidakBersalah dan #DespianoorTidak Bersalah.

Menurut penasihat hukum dari LBH Pelita Umat menerangkan bahwa apa yang dilakukan oleh Despianoor Wardani bukanlah tindakan melanggar hukum. Menurut LBH Pelita Umat tindakan Despianoor Wardani bukanlah menyebarkan rasa kebencian dan permusuhan, justru artikel tersebut berisi tentang wujud kecintaan kepada Tanah Air Indonesia, menolak bentuk penjajahan gaya baru melalui penguasaan sumber daya alam dan penjajahan ekonomi yang menyengsarakan rakyat Indonesia.

Kemudian pada Kamis (15/10/2020), sidang virtual Despianoor, aktivis dakwah Islam yang didakwa Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik, kembali digelar di Pengadilan Negeri Kelas II Kotabaru, dengan agenda pembacaan tuntutan jaksa, yang dimulai pukul 12.30 WITA.

Saat ini warganet kembali meramaikan media sosial dengan tagar #BebaskanDespianoor dan #UlamaDukungDespi untuk mendukung Despianoor.

Sampai berita ini turun sudah ada sebanyak 28,1K kicauan dalam tagar #BebaskanDespianoor dan 26,7K kicauan dalam tagar #UlamaDukungDespi di Twitter.

Warganet membuat twit dengan tagar tersebut dibarengi dengan mengunggah foto berisi quotes-quotes Islam.

Selain banyaknya warganet yang mendukung pembebasan Despia, banyak pula para ulama yang mendukungnya.[]

Lebih baru Lebih lama