Dua Juta Buruh Lakukan Mogok Kerja Nasional


BASHIRAHNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak dua juta buruh dikabarkan akan melakukan mogok kerja nasional hari ini, Selasa (6/10/2020). Ini terjadi setelah kemarin Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui paripurna mengesahkan Rancangan UU (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja.


Hal tersebut ditegaskan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal. Mogok akan dilakukan dari 6 hingga 8 Oktober 2020.


"Aksi unjuk rasa dilakukan di masing-masing lingkungan pabrik, stop produksi," ujar Said


Said menyatakan mogok nasional yang melibatkan jutaan buruh dari 5 ribu pabrik berbagai jenis industri tersebar di 25 provinsi dan 150 kabupaten/kota. Ia mengaku sudah menyampaikan surat pemberitahuan ke pihak kepolisian, baik di tingkat polda, polres, hingga polsek.


Dalam mogok nasional ini, kata Said, buruh ingin menegaskan menolak RUU Ciptaker yang telah disahkan menjadi UU. seperti penghapusan UMK dan UMSK, pengurangan pesangon, hingga kontrak kerja seumur hidup.


"Sementara itu, terkait dengan PHK, sanski pidana kepada pengusaha, dan TKA harus tetap sesuai dengan isi UU No 13 Tahun 2003," ujarnya.[] (Sumber CNN)

Lebih baru Lebih lama