Kroasia Berhasil Singkirkan Jepang Lewat Adu Penalti

Gambar : ig @433


BASHIRAHNEWS.COM, BOGOR- Timnas Kroasia berhasil meraih kemenangan saat jumpa Jepang di babak 16 besar Piala dunia yang berlangsung di stadion Al-Janoub pada Senin malam (5/12) WIB.

Di babak pertama, Jepang menggunakan permainan agresif dan menekan dan berhasil membuat pemain Kroasia kerepotan, beberapa kali Jepang mendapat peluang emas, namun bola masih melenceng di sisi gawang Kroasia.
Tidak ingin terus ditekan, Kroasia mencoba bermain keluar, hasilnya mereka mendapat satu peluang, namun masih bisa dipatahkan kiper Jepang Suichi Gonda. Bermain terus menyerang, justru Kroasia lebih dulu tertinggal lewat gol dari Maeda di menit 43 dengan memanfaatkan bola liat hasil tangkisan Dominik Livakovic dan berhasil membawa Jepang unggul di babak pertama.

Setelah jeda paruh waktu, Luka Modric dan kawan-kawan menaikkan tempo permainan dan lebih menyerang lagi, dan berhasil menyamakan kedudukan di menit 55 lewat sundulan Ivan Perisic yang gagal dihalau Gonda. Skor 1-1 untuk kedua tim.

Kroasia bermain semakin menyerang setelah gol penyama kedudukan, Luka Modric mendapat peluang besar dengan tendangan keras dari luar kotak penalti, namun masih bisa dihalau Suichi Gonda. Tidak mau kalah, timnas Jepang juga memiliki peluang lewat Endo dan Mitoma, tapi juga masih bisa dipatahkan Dominik Livakovic. Hingga waktu normal berakhir, skor 1-1 tidak berubah dan harus dilanjutkan ke extra time.

Saat babak extra time, kedua tim mencoba untuk menambah pundi-pundi gol mereka, banyak peluang yang didapat oleh keduanya, namun belum ada yang berhasil membuahkan gol. Skor sama kuat tidak berubah dan harus dilanjutkan ke babak adu penalti.

Dan di babak adu penalti, Jepang harus mengakui ketangguhan dari timnas Kroasia dengan skor 1-3, di babak itu, kiper timnas Kroasia Dominik Livakovic menjadi pahlawan setelah berhasil menghalau 3 tendangan dari Jepang, yaitu Takumi Minamino, Mitoma serta Maya Yoshida, dan hanya berhasil mencetak gol lewat Takuma Asano. Sementara itu, dari 3 penendang Kroasia, hanya Marko Livaja yang gagal karena membentur tiang gawang.

Dengan hasil ini, timnas Kroasia berhak lolos ke babak perempat final dan akan menunggu pemenang laga antara Brazil vs Korea Selatan.[]


Lebih baru Lebih lama