Al-Qur'an Sumber Pahala

Foto: penulis

Oleh Alif Fardan | Mahasiswa STAI AL-FATAH Cileungsi, Bogor 

Siapa sangka bahwa selain banyak keutamaannya membaca Al-Qur'an juga menjadi salah satu amalan yang paling utama. Sebagaimana sabda Rasulullah shalallahu alaihi wasallam "sebaik-baiknya amalan umatku adalah membaca Al-Qur'an." Hadist ini merupakan motivasi yang bisa kita gunakan sebagai semangat untuk membaca Al Qur'an. 

Terlebih lagi ada Hadist yang menyebutkan bahwa satu huruf dalam Al-Qur'an akan mendapat sepuluh kebaikan. Ulama menjelaskan bahwa sepuluh kebaikan ini didapatkan ketika membaca Al-Qur'an tanpa bersuci.

Hal ini telah disampaikan di dalam sebuah riwayat atsar sahabat Ali bin Abi Thalib karamallahuwajhah : 

وقال علي كرم الله وجهه من قرأ القرآن وهو قائم في الصلاة كان له بكل حرف مائة حسنة ومن قرأه وهو قاعد في الصلاة كان له بكل حرف خمسون حسنة ومن قرأه وهو خارج الصلاة وهو على طهارة كان له بكل حرف خمس وعشرون حسنة ومن قرأه وهو على غير طهارة كان له بكل حرف عشر حسنات.

Yang artinya: “Barang siapa yang membaca Al-Qur'an sedangkan ia berdiri dalam shalat maka setiap satu huruf nya seratus kebaikan, dan barang siapa yang membaca Al-Qur'an sedangkan ia duduk dalam shalat maka setiap satu huruf nya lima puluh kebaikan, dan barang siapa yang membaca Al-Qur'an satu huruf sedangkan ia di luar shalat dalam keadaan bersuci maka setiap huruf dua puluh lima kebaikan, dan barang siapa yang membaca Al-Qur'an dalam keadaan tidak suci maka setiap huruf nya sepuluh kebaikan.

Maka tunggu apa lagi? mulailah perbanyak baca Al-Qur'an, luangkanlah waktu walau sebentar saja untuk membaca Al-Qur'an, dan tentunya membaca dengan tadabur (merenungi setiap ma'na ayat).

Bagaikan embun di pagi hari dengan banyak membaca Al-Qur'an, hidup kita akan mulai berubah yang awalnya memprioritaskan jumlah, sekarang lebih memprioritaskan Barokah, semoga kita diberikan oleh Allah kemudahan dan istiqamah untuk membaca Al-Qur'an. Aamiin aamiin ya rabbal Aalamiin.[]

Lebih baru Lebih lama