Fenomena Planet Sejajar

pic by google
BASHIRAHNEWS.COM, BOGOR -  Beberapa planet berada di posisi sejajar pada waktu subuh (24/6/2022), fenomena langit langka ini, yakni lima planet sejajar yang terdiri dari Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

Selain itu, terdapat pula planet Uranus sehingga tidak hanya lima planet saja yang terlibat. Oleh sebab itu, fenomena planet sejajar tak lagi disebut konjungsi kuintet (lima benda langit) melainkan konjungsi sektet (enam benda langit).


Dilansir BBC Science Focus, terakhir kali kelima planet tersebut sejajar dengan cara yang sama adalah pada tahun 2004.


Kelima planet, Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus, secara kasat mata dapat dilihat tanpa menggunakan alat bantu optic Selama cuaca cukup cerah, bebas dari polusi cahaya dan medan pandang yang bebas dari penghalang, masyarakat dapat melihat fenomena langit ini. 


Bulan sabit juga dapat dilihat di antara Venus dan Mars. Sementara untuk mengamati Uranus memerlukan teleskop minimal berukuran lensa 10 cm.


Sementara itu, peneliti di Pusat Riset Antariksa BRIN, Andi Pangeran, menjelaskan bahwa fenomena ini dapat disaksikan selama kurang lebih 50 menit, sesuai dengan waktu fajar masing-masing wilayah.


Dan Fenomena ini berakhir hingga akhir fajar bahari, ketika ketinggian Matahari −6°, atau 25 menit sebelum Matahari terbit, sekitar pukul 05.30 waktu setempat.


Fenomena planet sejajar ini tidak akan terjadi lagi sampai tahun 2041. Planet sejajar terjadi karena tatanan alam. 


Merkurius mengelilingi matahari setiap 88 hari Bumi, Venus setiap 225 hari, Mars setiap 687 hari, Jupiter setiap 12 tahun, dan Saturnus setiap 29 tahun, sehingga fenomena planet sejajar dapat terjadi pada jadwal yang tidak teratur. [Nur Hikmah]

Muarofah Syaada

Jurnalis Bashirah Media

Lebih baru Lebih lama