8 Makanan Untuk Redakan Rasa Cemas

Gambar: Tribun-bali.com

BASHIRAHNEWS.COM-  Gangguan kecemasan dan depresi seringkali mengacaukan suasana hati penderitanya. Jika dibiarkan berlarut-larut, gangguan kecemasan bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti sindrom iritasi usus besar, sakit kepala, gangguan tidur, dan gangguan kesehatan jantung penyakit kronis.

Ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu kita meredam rasa cemas, diantaranya:

1. Telur

Telur mengandung triptofan, yaitu asam amino yang membantu menciptakan serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter kimia yang membantu mengatur suasana hati, tidur, memori, dan perilaku.

2. Kunyit

Kunyit mengandung bahan aktif yang disebut Curcumin yang dapat membantu menurunkan kecemasan.

3. Yogurt

Mengonsumsi yogurt dan makanan fermentasi lainnya dapat bermanfaat mengurangi kecemasan dan stres karena yogurt mengandung bakteri baik untuk kesehatan otak.   

4. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks dari biji-bijian dapat membantu melindungi dari perasaan tertekan. Karbohidrat juga dikenal meningkatkan serotonin di otak dan sebagai hormon bahagia. 

5. Buah Jeruk 

Buah jeruk merupakan sumber vitamin C terkaya yang juga dapat membantu mengendalikan stres. Vitamin C dapat mengurangi stres fisik dan mental dengan mencegah peningkatan kadar kortisol.

6. Makanan Kaya Magnesium

Magnesium adalah mineral yang terkait dengan pengurangan fungsi otak yang memperburuk kecemasan. Nutrisi ini bisa ditemukan di sayuran berdaun hijau. 

7. Teh

Teh merupakan salah satu minuman yang bisa menenangkan orang dan membuat mereka bahagia. Daun teh, terutama teh hijau, dapat membantu menenangkan saraf karena kaya akan antioksidannya. 

8. Cokelat

Cokelat merupakan penghilang stres dan pemberi energi utama.  70 persen cokelat hitam memiliki flavonoid kakao tinggi yang membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan jantung, sehingga dapat mengurangi kecemasan. [Mila Sapitri]

Lebih baru Lebih lama