Jamaah Muslimin Tetapkan 1 Ramadan 1443H 2 April 2022

Foto : Penetapan 1 Ramadan


BASHIRAHNEWS.COM, BOGOR - Jamaah Muslimin (Hizbullah) menetapkan 1 Ramadan 1443H jatuh pada Sabtu, 2 April 2022M. Lewat sidang isbath di gedung Muhyiddin Hamidy yang dihadiri oleh dewan majelis Qodho dan perwakilan dari masing-masing wilayah di Indonesia, Jumat (1/4).

Keputusan itu ditetapkan pada pukul 23.21 yang dibacakan oleh Amir Majelis Kutab pusat ust. Agus Sudarmaji di akhir sidang isbath.

Hal itu juga diperkuat dengan rekomendasi Dewan majelis Qodho yaitu terlihatnya hilal di dalam dan luar negeri Yang mana telah diketahui dari beberapa berita, ada yang tidak terlihat.

Imamul Muslimin, KH Yakhsyallah Mansur berpesan agar umat Islam sudah bisa berpuasa di hari Sabtu dan mulai melaksanakan Shalat Tarawih. 

"Salah satu metode menentukan awal Ramadan adalah melalui Rukyatul Hilal. Artinya, bulan Sabit bisa dilihat secara fisik, baik melalui mata telanjang atau dengan bantuan alat penglihatan lainnya,” kata Imam.

Jama’ah Muslimin menggunakan metode rukyat global, yang berarti jika hilal sudah terlihat di sebuah negeri, maka berlaku untuk negeri lainnya.[Alif Fardan]

Mila Sapitri

Jurnalis Bashirah Media

Lebih baru Lebih lama