7 Persiapan Kesehatan Tuk Jalani Puasa Ramadan

BASHIRAHNEWS.COM- Dalam menyambut Ramadan 1443 Hijriah ini tentunya ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menjalani puasa hari pertama dan seterusnya, termasuk dalam urusan kesehatan.

Selain persiapan dari segi spiritualitas, perlu juga melibatkan kondisi kesehatan tubuh Kita. Agar puasa di bulan Ramadan dapat berjalan lancar, berikut persiapan puasa yang perlu kita lakukan:

1. Memakan Makanan Sehat dan Bergizi

Persiapan penting dalam menghadapi puasa hari pertama yaitu menjaga kesehatan dan stamina tubuh dengan asupan makanan yang sehat dan bergizi. 

Supaya tubuh selalu sehat dalam menjalani puasa, maka asupan makanan juga perlu diperhatikan.

Upayakan supaya bisa memenuhi asupan nutrisi harian tubuh yang berasal dari sayur-mayur, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, daging merah, dan susu. 

Dengan memenuhi semua nutrisi tersebut, kita bisa mempertahankan stamina dan mendukung sistem kekebalan tubuh. 

2. Menghindari Gorengan dan Makanan Tinggi Gula

Untuk  orang yang melaksanakan puasa, makan hidangan yang berminyak, asin, dan tinggi gula itu tentu rasanya menyenangkan.

Meskipun makanan-makanan tersebut dapat memanjakan lidah, kebiasaan ini sebenarnya tidak baik untuk kesehatan. 

Selain berat badan mudah naik, mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula dapat menyebabkan kelesuan dan kelelahan. 

Jadi kita juga perlu membatasi makanan dengan asupan garam tinggi, terutama saat sahur, karena dapat meningkatkan rasa haus. 

3. Memperbanyak Asupan Air Putih

Persiapan berikutnya adalah memperbanyak asupan air putih pada saat sahur dan berbuka puasa. 

Minum banyak air putih bertujuan untuk mengurangi risiko dehidrasi selama berpuasa. Cairan lainnya, seperti jus, susu, dan makanan berkuah, juga dapat membantu memenuhi asupan cairan dalam tubuh, tetapi air putih tetap menjadi pilihan minuman terbaik. 

4. Tidak Melewati Waktu Sahur

Salah satu hal yang disarankan dalam menjalankan ibadah puasa adalah makan sahur. Karena makan sahur dapat membantu tubuh Anda memiliki tenaga untuk bertahan hingga waktu berbuka puasa tiba. Sahur juga berperan penting untuk membuat tubuh tetap memiliki energi dalam menjalankan berbagai kegiatan selama seharian penuh. 

5. Tidak Makan Berlebihan Saat Berbuka

Tak sedikit orang yang makan berlebihan saat waktu buka puasa. Semua menu makanan yang ada di meja rasanya ingin dicicipi karena penasaran dengan rasa lapar. Selain itu, beberapa orang menjadikan berbuka puasa sebagai momen untuk balas dendam setelah seharian berpuasa. 

Faktanya, makan berlebihan saat berbuka puasa berisiko membahayakan tubuh. Konsumsi makanan berlemak tinggi dan makan berlebihan saat berbuka puasa dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan peningkatan berat badan. 

6. Mengubah Pola Tidur

Persiapan sepuluh hari pertama puasa Ramadan dan selanjutnya adalah mengubah pola tidur. Jika kualitas tidur Anda masih saja buruk menjelang puasa hari pertama, berbagai gangguan kesehatan bisa saja terjadi. 

Mulai dari mengantuk, tubuh lemas, pusing, hingga sakit kepala. Kebiasaan buruk tersebut bukan tidak mungkin membuat Anda membatalkan puasa. Maka dari itu, memperbaiki waktu tidur menjadi salah satu persiapan puasa Ramadan yang perlu dilakukan. Langkah ini berlaku bukan hanya untuk hari pertama, melainkan juga untuk hari-hari selanjutnya. 

7.  Melakukan Olahraga

Persiapan puasa hari pertama tidak hanya dari asupan makanan atau pola tidur, melainkan juga perlu didukung oleh aktivitas fisik atau olahraga. 

Berolahraga secara rutin merupakan bagian dari persiapan menghadapi puasa Ramadan untuk membuat tubuh lebih bugar dan sehat selama menjalani puasa. [Tian Erika Restiana]

Lebih baru Lebih lama