Indonesia Dinobatkan Sebagai Negara Terindah di Dunia

 

Gambar: okezone travel

BASHIRAHNEWS. COM, BOGOR- Indonesia dinobatkan sebagai negara terindah di dunia dari total 50 negara yang diperoleh berdasarkan analisis yang dilakukan oleh situs asal Inggris, money.co.uk dan dirilis pada 7 Februari lalu, Senin (14/2).

Dalam keterangan di situs tersebut, setiap negara dianalisis berdasarkan tujuh faktor seperti gunung berapi, pegunungan, terumbu karang, kawasan lindung, garis pantai, hutan hujan, serta gletser.

Dalam laporan tersebut, mereka menobatkan Indonesia sebagai negara terindah dengan panorama alam terbanyak dan terbaik.

Berikut daftar negara terindah di dunia versi money.co.uk:

1. Indonesia (Skor 7,77 dari 10)

Indonesia menjadi negara terindah karena setiap jarak 100.000 kilometer persegi wilayahnya pasti terdapat keindahan alam seperti pegunungan, gunung berapi, terumbu karang, hutan tropis, dan gletser.

Penulis yang sekaligus Personal Finance Editor Sal Haqqi mengatakan, keajaiban alam nan indah dan ciamik ini jelas menjadi daya tarik besar bagi para pelancong dari penjuru dunia.

"Indonesia adalah negara terindah di dunia, per 100.000 kilometer persegi negara tersebut memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Indonesia merupakan rumah bagi lebih dari 17.000 pulau yang luar biasa dan punya 50.000 kilometer garis pantai," kata Haqqi seperti dikutip dari money.co.uk.

Sejumlah destinasi wisata populer yang menyajikan keindahan alam di antaranya Bali, hutan tropis di Sumatera dan Kalimantan termasuk cagar alam orang utan, dan sejumlah situs warisan dunia UNESCO seperti Taman Nasional.

2. Selandia Baru (skor 7,27/10)

Setelah Indonesia, Selandia Baru menempati posisi kedua negara terindah di dunia. Penulis menekankan bahwa Selandia Baru adalah rumah bagi perbukitan, puncak gunung yang tajam (termasuk Pegunungan Alpen Selatan), dan sejumlah gunung berapi aktif.

Selandia Baru juga memiliki jumlah gletser yang tinggi, dengan lebih dari 5.000 per 100.000 kilometer persegi dan garis pantai yang panjang lebih dari 15.000 kilometer persegi.

3. Kolombia (Skor 7,16)

Sama seperti kedua negara terindah sebelumnya, Kolombia juga memiliki garis pantai yang cukup panjang yang terdapat di sepanjang Pantai Karibia.

Selain itu, negara ini memiliki lanskap yang sangat bervariasi, dari pegunungan Andes hingga hutan Amazon yang sangat fenomenal karena lebih dari 500.000 kilometer persegi lokasi tersebut merupakan hutan tropis.

Di samping ketiga negara tersebut, berikut daftar negara terindah di dunia lainnya: 

Tanzania (Skor 6,98), Meksiko (Skor 6,96), Kenya (Skor 6,70), India (Skor 6,54), Perancis (Skor 6,51), Papua Nugini (Skor 6,39), Comoros (Skor 6,22), dan Ekuador (Skor 6,09).

Kemudian Amerika Serikat (Skor 6,03), Vanuatu (Skor 6,02), Jepang (Skor 6,00), Kepulauan Solomon (Skor 5,97), Italia (Skor 5,87), Filipina (Skor 5,80), Peru (Skor 5,66), Australia (Skor 5,65), dan Kosta Rika (Skor 5,65). [Mila Sapitri]

Lebih baru Lebih lama