Pemutakhiran BMKG: Tsunami Telah Terdeteksi di Marapokot Flores NTT

BMKG.go.id


BASHIRAHNEWS.COM, JAKARTA-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan pemutakhiran data terkait peringatan dini tsunami dan gempa di Nusa Tenggara Timur.

dilansir dari laman resmi BMKG.go.id gempa terdeteksi di Marapokot dengan maginitudo 7,4 113 KM Barat Laut Larantuka, NTT.

"Peringatan dini potensi Tsunami. Gempa Mag:7.5 Laut Flores, 14-12-2021 10:20:22WIB, Kedalaman:12Km," info BMKG di akun resmi Twitternya.

BMKG memerinci daerah yang berpotensi mengalami tsunami berdasarkan pemodelan adalah Flores-Timur bagian Utara, Pulau Sikka, Sikka Bagian Utara, Pulau Lembata dengan status waspada.

Berdasarkan waktu pemutakhiran data 11.24 WIB maka pemerintah diminta untuk memperhatikan dan segera mengarahkan warga menjauhi pantau dan tepian sungai.

BMKG pun mengeluarkan peringatan dini tsunami di sejumlah wilayah. Wilayah tersebut adalah Maluku, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

Gempa susulan dengan magnitudo lebih dari 5,0 terjadi pukul 10.47.02 WIB. Gempa tersebut berlokasi di 129 km BaratLaut Maumere, Sikka, NTT.

Sementara itu pemutakhiran dai BMKG sekitar, tsunami akibat gempa Magnitudo 7,4 telah terdeteksi di Marapokot, pukul 10.36 WIB. [Yuharriska]


Lebih baru Lebih lama