5 Masjid Paling Indah di Indonesia

Gambar: google


BASHIRAHNEWS. COM- Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam terbesar di dunia. Maka dari itu, tidak heran jika di Indonesia banyak masjid yang dibangun. Bahkan beberapa masjid dibangun dengan arsitektur yang sangat indah, berikut diantaranya:

1. Masjid Raya Baiturrahman di Aceh

Jika dilihat sekilas, Masjid Raya Baiturrahman memiliki kemiripan gaya arsitektur dengan Taj Mahal di India.

Masjid Raya Baiturrahman dibangun dengan lahan seluas 4.760 m², masjid ini mampu menampung sampai 9.000 orang. Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Raya Baiturrahman juga menjadi tempat wisata di Aceh, banyak orang berkunjung ke sana untuk melihat keindahannya. 

2. Masjid 99 Kubah, Masjid Asmaul Husna di Makassar

Kalau kamu berjalan-jalan ke Center Point of Indonesia (CPI), Pantai Losari, kamu akan melihat masjid ini di Anjungan. Masjid menakjubkan yang lebih dikenal dengan nama Masjid 99 Kubah ini akan mulai beroperasi pada bulan Ramadan. Selain menjadi salah satu masjid terindah di Indonesia, bangunan masjid yang diprakarsai dan didesain oleh Ridwan Kamil, disebut sebagai proyek termegah di Indonesia Timur pada tahun 2019.

3. Masjid Agung di Semarang

Berbeda dengan Masjid Ramlie atau Baiturrahman yang memiliki gaya klasik. Masjid Agung Semarang dibangun dengan gaya futuristik, yakni dengan menggabungkan konsep bangunan Jawa dan Yunani. 

Di Masjid Agung Semarang juga ada payung hidrolik raksasa yang dapat membuka dan menutup secara otomatis. Bagi anda yang menyukai bangunan dengan tampilan unik, mengunjungi Masjid Agung pasti akan sangat menyenangkan. 

Jika anda berlibur ke sana saat puasa, selain pergi ke Masjid Agung, anda juga bisa sekalian melihat tradisi Dugderan. Dugderan adalah tradisi menyambut Bulan Ramadan yang diadakan oleh masyarakat lokal untuk menyambut bulan suci tersebut. 

4. Masjid Istiqlal di Jakarta

Tak hanya sebagai masjid terbesar se-Asia Tenggara , Masjid Istiqlal juga pantas disebut sebagai masjid terindah di Indonesia. Masjid Istiqlal memiliki daya tampung 200 ribu jama'ah. Masjid ini memiliki dinding dan lantai yang berlapis marmer, serta dihiasi dengan ornamen geometrik dari baja antikarat.

Bangunan masjid ini bergaya arsitektur modern, yang dirancang oleh seorang Kristiani bernama Frederich Silaban. Maajid ini mulai dibangun pada tahun 1951. Lokasi masjid ini, berada tak jauh dari Monas.

5. Masjid Al-Irsyad di Bandung

Masjid Al-Irsyad yang dibangun tahun 2009. Terletak di daerah Kota Baru Parahyangan, Masjid Al-Irsyad menjadi salah satu bangunan kebanggaan warga Bandung. Arsitek yang merancang masjid ini adalah Bapak Ridwan Kamil. Karena bentuk bangunannya, di tahun 2010 Masjid Al-Irsyad menyabet FuturArc Green Leadership Award. [Ahmad Firmansyah]

Lebih baru Lebih lama