Bidadari Bermata Bening



Novel Bidadari Bermata Bening ini mengisahkan kehidupan di sebuah pesantren. Salah satu tokoh utamanya yaitu bernama Ayna Mardeya, ia seorang santriwati di salah satu pesantren tua di Jawa Tengah. Tokoh utama lainnya adalah Gus Afif, merupakan salah satu anak dari seorang Ummi dan Abah yang mempunyai pesantren tersebut.

Dua remaja ini diam-diam terjerat dalam cinta suci, Pada awalnya ia hanya kagum namun lama kelamaan menjadi cinta. Bagi Ayna, tidak mungkin dia akan menjadi pasangannya. Sebab, Gus Afif derajatnya lebih tinggi darinya. Namun Gus Afif juga mempunyai rasa yang sama apa yang dirasakan oleh Ayna. 

"Apakah mungkin seorang Gus Afif menikahi seorang khadimah?". Itu tidak mungkin, dia baru lulusan MA dan ia pun ada rencana untuk melanjutkan kuliah ke Al-azhar di kairo. Setelah beberapa hari kemudian, Ayna dilamar oleh seorang kyai besar tetapi dia duda beranak dua. Dengan istikharah Ayna telah mendapatkan petunjuk, ia menerima lamaran kyai tersebut. Namun bagaimana dengan perasaan Gus Afif ? Entahlah.

Suatu hari, Gus Afif dan sopirnya berkunjung ke rumah Ayna dengan tujuan menyampaikan dua hal penting. Pertama Gus Afif memberikan undangan pernikahan Kyai Yusuf yang pernah melamar Ayna, tetapi pernikahan Ayna dengan Kyai batal sebab Pakde Dan Bukde nya tidak setuju. Namun jika Ayna dengan putra nya Ummi itu Bukde merestuinya untuk menikah. Kedua, Gus Afif mengungkapkan isi hatinya. Gus Afif mengatakan " Bagaimana kalau Abah dan Ummi memintaku untuk menikahimu?". 

Ayna rasa tidak percaya dengan perkataan Gus Afif tadi. Siapa yang tidak mau menikah dengan Gus Afif?.  Ayna ragu, akan tetapi Gus Afif berusaha meyakinkan dirinya. "Ummi akan datang secepatnya untuk menjemputmu di waktu yang tepat, Na".

Hati Ayna tergesa-gesa sebab Pakde dan Bukde nya telah menjodohkan Ayna dengan Yoyok, orang kaya sekampungya. Ayna terus menunggu kedatangan Ummi, tapi sampai acara pernikahan Ayna dengan Yoyok akan dimulai, Ummi belum juga datang  dan waktu sudah terlambat. Pada akhirnya undangan pernikahannya sampai ke tangan Gus Afif. Di sana Gus Afif langsung syok dan jatuh sakit ketika menerima undangan tersebut. Bagaimana kelanjutannya ? Apakah Ayna dan Gus Afif akan bersatu lagi? Entahlah. 

Namun, memang benar mereka adalah dua insan yang mempunyai cinta suci dengan banyak suka, duka, bahkan sakit.[Fitry Lestari]


KELEBIHAN

Cover nya cantik dan calm. Novel ini terdapat banyak motivasi dan arti pentingnya kehidupan, juga kaya akan hikmah dan akhlak sehari-hari yang bisa dicontoh. Novel ini juga memiliki bayangan tentang bagaimana allah mengatur jodoh diantara hamba-nya.

KEKURANGAN

Buku ini masih banyak tanda baca yang salah dan masih ada salah ketik sehingga membingungkan. Terlalu banyak bahasa asing meskipun sudah ada terjemahannya namun hanya sebagian. Tidak adanya judul per-subabnya.

KESIMPULAN

Novel ini memotivasi para santri dan generasi muda pada umunya untuk meraih kesuksesan dengan bekerja keras, ulet, rendah hati dan menebar kebaikan secara universal. Novel ini layak dibaca untuk semua anak muda.


Data Buku

 Judul : Bidadari Bermata Bening                   Penulis : Habiburrahman El Shirazy       Penerbit :   Republika                                         Tahun Terbit : Cetakan, 1 April 2017

         

Baca Juga: Ketika Cinta Jatuh Cinta        

Yuharriska

Pemimpin Redaksi Bashirah Media

Lebih baru Lebih lama