Tidak Sendirian

Foto: Penulis

Oleh Adib Ilyas As Shidiqi | Mahasiswa STAI Al-Fatah Cileungsi, Bogor

You’ll Never Walk Alone” adalah sebuah slogan dari klub raksasa liga Inggris, Liverpool yang berarti “kamu tidak akan berjalan sendirian”. Semboyan ini bertujuan untuk memotivasi para pemain bahwa mereka tidak berjuang sendirian di lapangan hijau.

Selalu ada para supporter yang senantiasa mendukung mereka di sisi lapangan. Supporter yang selalu mendampingi mereka baik di laga kandang maupun tandang, dengan hasil menang ataupun kalah.

Slogan ini menarik untuk dibahas, khususnya dari sudut pandang Islam, sebab ini persis seperti apa yang Rasulullah SAW sabdakan.

وَالَّذِى تَدْعُونَهُ أَقْرَبُ إِلَى أَحَدِكُمْ مِنْ عُنُقِ رَاحِلَةِ أَحَدِكُمْ

“Yang kalian seru adalah Rabb yang lebih dekat kepada salah seorang di antara kalian daripada urat leher unta tunggangan kalian” (HR. Muslim no 2704).

Hadits ini menerangkan bahwa Allah SWT selalu ada disisi hamba-Nya kapan pun dan dimana pun. Namun seringkali kita lupa kepada-Nya terlebih ketika sedang diuji masalah. Kita terlalu terpaku pada masalah yang menimpa dan lupa siapa yang memberinya ujian.

Allah SWT itu maha penolong, Dia tidak akan pernah mengabaikan hamba-Nya walaupun sekejap. Pertolongan Allah SWT sering kali tidak kita sadari, kadang berwujud seseorang yang bisa menenangkan hati , kadang juga berupa rasa tenang secara tiba-tiba.

Pada intinya seseorang yang senantiasa melibatkan Allah SWT pada segala urusannya, niscaya dia tidak akan pernah merasa sendirian walaupun orang-orang menjauhinya karena ia tau ada Allah SWT bersamanya.[]

Yuharriska

Jurnalis Bashirah Media

Lebih baru Lebih lama