Terlahir Muslim

Foto: penulis

Oleh Muhammad 'Afif Wafa | Mahasiswa STAI Al-Fatah Cileungsi, Bogor

Mayoritas orang Indonesia sudah menjadi seorang muslim sejak lahir, dikarenakan orang tua mereka telah beragama islam. Oleh karena itu tentu mereka sudah terbiasa melakukan ibadah seperti sholat, tadarus Al-Qur'an, menyembelih binatang qurban, bershodaqoh serta amalan-amalan orang muslim yang lainnya. Sehingga tidak merasa asing lagi dengan syariat Islam.

Namun perlu kita ketahui, bahwa tanpa kita sadari banyak amalan yang kita lakukan tanpa tahu landasan, maksud serta tujuan dari hal yang kita kerjakan tersebut. Misalnya sholat hanya karena disuruh orang tua, infak karena disuruh ibu guru ketika di sekolah dasar dulu, puasa karena mayoritas masyarakat di sekitar kita berpuasa, dan banyak hal lain yang terus menerus dilakukan tanpa tahu ilmunya karena terlahir menjadi seorang muslim.

Saat ini banyak pemuda Islam yang tidak tahu arti dari dua kalimat syahadat, bahkan kalimatnya seperti apa pun itu ada yang tidak mengetahuinya. Padahal seharusnya kalimat itu sangat familiar di kalangan umat muslim. Baru tentang syahadat lalu bagaimana dengan sejarah Islam? Dengan perbedaan perbedaan fiqih? Serta ilmu agama yang lainnya?. Entah salah siapa, yang jelas kita harus memperbaiki semua itu karena kita adalah generasi muslim yang selanjutnya.

Sadarlah kawan! Ternyata hanya terlahir muslim tidak cukup untuk menjadi seorang muslim yang sejati. Karena orang tua hanya memerintahkan ajaran Islam, maka dari itu kita perlu belajar lebih jauh dan lebih dalam mengenai agama Islam. Meskipun kita bukan seorang Ustadz, Dai, Mubaligh, atau Ulama namun apa salahnya kita mempelajari nya? karena dengan semakin dalam kita tau apa itu Islam, akan semakin yakin dan khusyu' ketika kita mengamalkan ajarannya.

Mempelajari Islam itu bukan hanya tugas seorang ulama saja, namun semua orang Islam harus dan berhak tahu semua tentang agamanya. Semakin tahu akan kekurangan kita, seharusnya membuat kita semakin semangat untuk berubah menjadi lebih baik. Semakin paham umat muslim tentang islam maka akan semakin dekat kejayaan Islam kembali kita dapatkan. Teruslah berusaha biarlah Alloh SWT yang menentukan hasilnya.[]

Yuharriska

Pemimpin Redaksi Bashirah Media

Lebih baru Lebih lama