Cinta Diri

Foto: penulis


Oleh Yuharriska | Mahasiswi STAI Al-Fatah Cileungsi, Bogor

Pernah kah merasa seperti kurang bersemangat dan lemah?, atau tidak percaya dengan kemampuan diri sendiri?, Wajar saja mungkin hampir mayoritas orang pernah merasakannya.

Tapi bagaimana cara untuk bangun dari keadaan itu?, Mungkin kita harus lebih meningkatkan self love untuk kita sendiri dan mengurangi rasa Insecure, perasaan tidak mampu, tidak cukup baik, dan rasa cemas yang membuat seseorang merasa tidak aman.

Cinta diri didefinisikan sebagai "cinta pada diri sendiri" yakni menghargai kebahagiaan, keuntungan atau kemampuan diri sendiri.

Self love merupakan kemampuan menghargai diri kita sendiri, mampu berteman dengan diri kita sendiri sehingga menjadi individu yang lebih baik untuk diri sendiri dan orang lain.

Perlu kita ketahui kemampuan kita dalam melakukan self love akan berbanding lurus dengan kemampuan kita menerima cinta dari orang lain, karena orang yang tidak memiliki self love akan sulit menjalin hubungan dengan pasangannya.

Diakibatkan pemikiran negatif yang ada dalam dirinya yang tidak yakin apakah ia pantas dicintai atau tidak.

Cobalah lakukan apapun yang membuat diri kita lebih baik, selama itu positif, tapi juga jangan menggantungkan kebahagiaanmu pada orang lain, Karena ketika orang itu pergi kita tidak mempunyai penopang lagi maka kita akan hancur.

Bersikap lebih tenang, hindari lingkaran pertemanan yang toxic, tentukan tujuan dalam hidup, kerjakanlah kegiatan-kegiatan positif yang dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Tetap semangat untuk kita semua, pantang menyerah dan teruslah berusaha, marilah berkata pada diri sendiri "Terimakasih untuk menjadi kuat sejauh ini".[]
Lebih baru Lebih lama