Penyebab, Pengobatan, dan Cara Mencegah Jerawat

ilustrasi

BASHIRAHNEWS.COM
- Jerawat adalah penyakit peradangan kronis dari kelenjar pilosebasea yang ditandai dengan adanya komedo, papul, kista, dan pustula.

Selain wajah, jerawat dapat tumbuh atau timbul di bagian tubuh lain, seperti bahu, lengan atas, dada, hingga punggung.

Jika tak diobati, jerawat dapat menyebabkan stres, turunnya kepercayaan diri, dan bekas luka di kulit.

Jerawat muncul karena produksi minyak yang berlebih pada kelenjar minyak. Kelenjar minyak pada setiap orang memiliki ukuran yang berbeda-beda. Kelenjar minyak pada laki-laki umumnya lebih besar dibanding perempuan.

Perawatan jerawat secara konvensional bisa dilakukan, tapi terkadang mahal dan seringkali memiliki efek samping yang tidak diinginkan, seperti kulit kering, kemerahan, dan iritasi.

Jerawat dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat dan kebersihan wajah. Berikut cara mencegah jerawat:

Pertama, Mencuci muka dua kali sehari, pastikan semua minyak dan kotoran sudah bersih

Kedua, Pastikan kulit dalam keadaan lembap

Ketiga, Konsumsi air putih yang cukup

Keempat, Hindari terlalu sering memegang wajah

Kelima, Batasi cahaya matahari atau sinar UV dengan menggunakan sunscreen

Keenam, Batasi penggunaan makeup yang terlalu tebal

Ketujuh, Kelola stres

Kedelapan, Tidur yang cukup

Kesembilan, Tidak merokok

Dengan merapkan gaya hidup sehat ini setidaknya dapat mencegah jerawat. 

Hingga saat ini masalah jerawat masih menjadi musuh yang menakutkan bagi wanita maupun pria. Mereka akan melakukan segala cara untuk menghalau jerawat dari kulitnya. Berikut kami rangkum ragam cara menghilangkan jerawat secara alami yang dapat dicoba:

1. Oleskan cuka apel

Melansir Health Line, cuka apel dibuat dengan cara melumatkan apel dan memeras cairannya.

Setelah cairan apel didapat, nantinya akan dimasukkan bakteri dan ragi untuk memulai proses fermentasi alkohol.

2. Lidah buaya

Gel lidah buaya dapat membantu meredakan peradangan di kulit yang muncul akibat jerawat. Lidah buaya juga mengandung asam salisilat dan sulfur.

Cara menggunakannya dengan mengerok gel lidah buaya secara langsung dengan menggunakan sendok. Oleskan secara langsung ke wajah sebagai pelembap. Ulangi 1-2 kali sehari Jika muncul iritasi, rasa gatal, atau kemerahan, sebaiknya hentikan penggunaan. 

3. Kayu manis

Kayu manis kaya akan antioksidan dan mengandung bahan antibakteri, dan dapat membantu meredakan jerawat yang meradang. 

4. Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan polifenol yang dinamakan katekin dalam jumlah banyak. Sehingga, mengonsumsi maupun menggunakan teh hijau sebagai produk kecantikan, dapat membantu menghilangkan kotoran serta bahan yang bisa menyebabkan kerusakan sel. 

5. Bawang putih

Bawang putih dipercaya dapat membantu mengatasi infeksi dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan bakteri termasuk untuk menghilangkan jerawat. Kamu dapat menambahkan lebih banyak bawang putih ke dalam asupan harian, untuk mendapatkan manfaatnya. Sebaiknya, kamu tidak mengoleskan bawang putih langsung ke kulit wajah yang berjerawat, karena dapat menyebabkan iritasi.  

6. Es batu 

Meski tidak akan menyembuhkan jerawat secara tuntas, es batu dapat membantu meredakan jerawat yang meradang. Kompres jerawat yang sedang meradang dengan es batu yang dibalut dengan kain, untuk merasakan manfaatnya. Es batu akan membantu mengencangkan pembuluh darah, sehingga kemerahan dan peradangan di kulit dapat mereda.

[Mu'arofah Sya'ada]
Lebih baru Lebih lama