BASHIRAH MEDIA

Hanya Takdir Alloh

 

Oleh Muhammad 'Afif Wafa|Mahasiswa STAI Al-Fatah Cileungsi, Bogor

Sering kali kita mengira bahwa diri kita itu hebat, kuat dan bisa melakukan segala hal, tetapi sebenarnya kita hanyalah manusia yang lemah dan tak mampu berbuat apa - apa.

Namun, kita tidak menyadari semua itu dikarenakan tertutup oleh kesombongan diri yang tak terasa menjadi besar seiring berjalannya waktu. Banyaknya prestasi dan capaian serta kenikmatan yang didapatkan  membuat diri kita bangga dan merasa bahwa kita ini hebat.

Sesungguhnya segala sesuatu yang kita lakukan itu semata-mata karna Alloh SWT  yang menakdirkan kita melakukan hal-hal  tersebut, Alloh SWT juga yang telah memberikan kita kekuatan, prestasi, kesempatan untuk menang dan kesempatan untuk berbuat baik, serta takdir yang ditetapkan untuk melakukan segalanya.

Tetapi karna kesombongan diri kita, sehingga kita tidak mengakui akan adanya kehendak Alloh SWT dalam segala hal-hal yang kita lakukan.

Jika diri kita menyadari akan adannya Alloh SWT  dalam segala perbuatan yang dilakukan oleh kita maka kita tidak akan merasa gundah saat melakukan atau meninggalkan sesuatu.

Misal ketika kita tidak dapat melakukan hal yang di butuhkan orang lain, atau bahkan ketika ada dua kegiatan yang bersamaan, tetapi dengan sombongnya kita merasa bahwa tidak akan ada yang bisa menggantikan peranan kita, namun ternyata ada orang yang lebih hebat dan ada orang lain yang menasehati dan mengingatkan kita.

Nah dari uraian di atas mari kita renungkan, apakah kita pahami bahwa semua yang kita lakukan, semua prestasi, dan semua capaian itu hanyalah takdir Alloh SWT, yang telah memilih diri kita untuk melakukannya, bukan karena kehebatan dan kekuatan kita, sehingga seharusnya kita tidak menumbuhkan kesombongan yang tumbuh tanpa kita sadari.

Menjadi yang terhebat adalah impian semua orang. Namun merasa dirinya hebat dan meniadakan Alloh SWT adalah sebuah kesalahan.

Larilah sekencang kencangnya , terbang lah setinggi tingginya, menyelamlah sedalam dalam nya, dan jangan lupa Ada takdir Alloh SWT didalamnya.[]

Yuharriska

Pemimpin Redaksi Bashirah Media

Lebih baru Lebih lama