Cara Hilangkan Kesedihan



BASHIRAHNEWS.COM, BOGOR - Kesedihan merupakan hal yang normal dalam kehidupan, namun berlarut-larut dalam kesedihan itu tidaklah baik. Sebab Allah subhanahu wa ta’ala telah menciptakan semuanya berpasangan, ada langit-bumi, siang-malam, pria-wanita, dan pastinya ada kegembiraan dan kesedihan.

Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, begitupun dalam kesedihan. Maka jangan jadi lemah karena kesedihan, bangkitlah karena sesudah kesedihan pasti ada kebahagiaan. Kita tidak perlu bersedih, sebab Allah selalu bersama kita.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman :

     وَلَا تَهِنُوا۟ وَلَا تَحْزَنُوا۟ وَأَنتُمُ ٱلْأَعْلَوْنَ إِن كُنتُم مُّؤْمِنِي

Artinya: “Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.” (Q.S Ali ‘Imran : 139).

Adapun cara mengatasi kesedihan seusai tuntutan Islam yaitu sebagai berikut:

1. Zikir

Selain berpahala, zikir juga membuat hati menjadi tenang dan kesedihan pun akan mereda.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang membaca Subhanallah setiap selesai salat 33x, membaca Alhamdulillah 33x, membaca Allahu Akbar 33x hingga menjadi 99. beliau bersabda lalu disempurnakan menjadi seratus dengan Laa ilaha illallah wahdahu' laa syarikalah, lahul mulku walahul hamdu wahuwa ala kulli syaiin qadir, diampuni dosanya sekalipun seperti buih lautan." (HR. Muslim)

2. Perbanyak Selawat

Ustaz Tile mengatakan, jika rajin berzikir kepada Allah kemudian berselawatlah, maka kesedihan Insya Allah akan hilang. Selain itu, selawat juga bisa memudahkan segala urusan dan dapat menenangkan hati.

3. Perbanyak Salat Sunah

Bangun pada waktu malam di saat orang-orang tertidur, lalu laksanakan salat sunah. Salat merupakan bentuk komunikasi kita kepada Allah, maka pada saat itu curhatlah kepada Allah, adukan semuanya kepada Allah, dan memohon kepada Allah.

4. Optimistis dalam Hidup

Tetap optimistis dalam hidup dengan bersandar kepada Allah. Dengan optimis dalam menjalani hidup, kita akan lebih semangat untuk melaksanakan beribadah, dan semangat untuk bekerja dan berusaha.

Jangan berlarut-larut dalam kesedihan, bangkit dan perbaiki diri menjadi lebih baik, jangan berfikir untuk menjadi lebih baik dari orang lain, tapi berfikirlah menjadi lebih baik dari diri sendiri yang kemarin.[Yuharriska]

Yuharriska

Jurnalis Bashirah Media

Lebih baru Lebih lama