BASHIRAH MEDIA

Semua Butuh Proses

 


Oleh Sa'adah Fitria | Mahasiswi STAI Al-Fatah Cileungsi, Bogor 


Ketika si miskin ingin menjadi kaya, yang bodoh ingin menjadi pintar, si pendosa ingin Kembali pada jalan yang benar dan sesuai dengan syari'at islam, serta si jelek menjadi si cantik dan semua hal lainnya. 


Semua ini butuh yang namanya proses, tidak serta merta yang miskin bisa menjadi kaya hanya dalam sekejap mata tanpa adanya usaha. Si bodoh bisa menjadi pintar tanpa adanya keinginan untuk belajar, si jelek pun mau menjadi cantik tanpa adanya perawatan, dan si pendosa pun berkeinginan menjadi manusia yang betul-betul bertaubat dan kembali kepada jalan yang benar yang sesuai dengan syariat agama.


Mustahil semua hal itu dapat dilakukan tanpa adanya usaha dari para pelaku tersebut, karena setiap usaha yang dilakukan butuh yang namanya proses. Proses bagaimana menjadi peribadi yang baik, cantik, kaya dan lain sebagainya. 


Usaha yang dilakukan pun tidak dapat terealisasikan tanpa adanya keinginan yang kuat dan niat dari hati yang benar-benar ingin berubah. 


Sebagaimana hal ini termaktub dalam Al-Quran surat Ar-Ra’d ayat 11 yang berbunyi : 


لَهُ مُعَقِّبَاتٌ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ اللَّهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ ۗ وَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِقَوْمٍ سُوءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُ ۚ وَمَا لَهُمْ مِنْ دُونِهِ مِنْ وَالٍ


"Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tidak ada yang dapat menolaknya, dan sekali-kali tidak ada pelindung bagi mereka kecuali Dia."[]

Yuharriska

Jurnalis Bashirah Media

Lebih baru Lebih lama