Dampak Dari Mengkonsumsi Garam Berlebihan

 





BAHSIRAHNEWS.COM- Makanan tanpa garam akan terasa hambar dan kurang enak. Itulah mengapa banyak orang suka menambahkan garam untuk menambah kelezatan makanan yang dimakannya. Selain sebagai penambah rasa, garam juga mengandung sodium yang punya peranan penting bagi kesehatan manusia. Namun, terlalu banyak mengonsumsi garam juga tidak baik bagi kesehatan. 


Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan orang dewasa untuk tidak mengonsumsi garam lebih dari lima gram per hari atau sodium lebih dari dua gram per hari. Namun dalam praktiknya, masih banyak orang yang mengonsumsi garam secara berlebihan.


Konsumsi garam berlebih dapat memicu terjadinya masalah kesehatan di kemudian hari. 

Berikut ini adalah empat dampak yang mungkin terjadi bila mengonsumsi garam berlebih secara rutin, seperti dilasir EatThis, Rabu (19/5).


1. Dehidrasi


Ketika seseorang mengonsumsi terlalu banyak garam, tubuh akan mulai menarik air dari sel-sel. Kondisi ini akan memicu terjadinya dehidrasi. Beberapa gejala yang mungkin muncul adalah haus, mual, atau kram perut.


2. Sembelit


Diet atau pola makan tinggi garam akan membuat tubuh menyerap banyak air dari usus untuk mengompensasi kelebihan garam di aliran darah. 

Hal ini akan membuat kandungan air di kotoran atau feses menurun sehingga kotoran menjadi lebih sulit terdorong keluar tubuh dan memicu konstipasi atau sembelit.


3. Kembung


Ketika terjadi sembelit, rasa kembung biasanya akan menyertai. Akan tetapi, konsumsi banyak garam juga bisa memicu perut kembung meski tidak sembelit. Asupan garam yang terlalu banyak dapat membuat tubuh mulai menahan cairan.


4. Peningkatan Risiko Komplikasi Jantung


Konsumsi makanan tinggi sodium dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan jantung secara umum. Secara spesifik, pola makan tinggi sodium berkaitan dengan hipertensi, penyakit jantung, dan strok.[Falah Al Khumaeroh Zahroh]

Lebih baru Lebih lama