Puluhan Yahudi Tewas di Festival Lag B'Omer

Foto : DW

BASHIRAHNEWS.COM, MERON
- Puluhan orang Yahudi tewas di kota Meron di Israel utara pada Kamis (29/4/2021) malam setelah melakukan pertemuan publik besar-besaran untuk merayakan festival Yahudi Lag B'Omer.


Layanan penyelamat mengatakan setidaknya 44 orang tewas dalam insiden itu. Layanan darurat dan ambulans "merawat lusinan yang terluka" termasuk "20 pasien dalam keadaan kritis," kata Zaki Heller, juru bicara Magen David Adom, layanan darurat Israel.

Pemandangan dari Meron beberapa jam setelah kecelakaan menunjukkan kerumunan Yahudi ultra-Ortodoks dalam kesulitan, dengan puing-puing berserakan di tanah.

Beberapa orang yang selamat menyalakan lilin untuk para korban sementara yang lain berdoa di dekat tembok.


Media Israel telah mempublikasikan gambar sederet mayat yang ditutupi kantong plastik di tanah.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menggambarkan insiden itu sebagai "bencana besar" dan menambahkan: "Kami semua berdoa untuk kesejahteraan para korban." Seperti dikutip dari DW pada Kamis (29/4).

Presiden Reuven Rivlin juga men-tweet bahwa dia mengikuti laporan dari Meron dan berdoa untuk kesembuhan yang terluka.

Festival tahunan untuk perayaan Lag B'Omer digelar di Gunung Meron di sekitar makam terkenal, Rabbi Shimon Bar Yochai, seorang bijak Talmud abad kedua.

Pihak berwenang telah mengizinkan 10.000 orang untuk berkumpul di lokasi makam, tetapi penyelenggara mengatakan lebih dari 650 bus telah disewa dari seluruh negeri, membawa 30.000 peziarah ke Meron.

Sekitar 5.000 polisi dikerahkan untuk mengamankan acara tersebut, polisi mendesak para peziarah untuk menghindari tempat kejadian. [Fatimah]
Lebih baru Lebih lama