Tradisi Perayaan Hari Ibu di Berbagai Negara



BASHIRAHNEWS.COM - Di Indonesia, Hari Ibu ditetapkan setiap tanggal 22 Desember. Pada hari tersebut orang-orang memberikan apresiasi mereka kepada ibu masing-masing atas jasanya dalam membesarkan anak-anaknya. Ada yang memberi hadiah spesial, menulis surat dan kartu ucapan, atau memberi karangan bunga pada sang bunda.


Hari Ibu juga dirayakan di berbagai negara dengan cara dan keunikannya masing-masing. Kita lihat yuk, tradisi Hari Ibu di belahan dunia yang lain berikut ini!

Pertama, Amerika Serikat

Saat hari Ibu, masyarakat Amerika Serikat akan memberikan bunga pada ibu mereka. Hari ibu di Negeri Paman Sam dirayakan pada hari minggu kedua di bulan Mei. Jika kebetulan kalian sedang di Amerika saat perayaan ini, banyak toko bunga yang kebanjiran pesanan. Memberi buket bunga kesukaan Ibu bisa jadi ide hadiah hari Ibu yang praktis namun tetap berkesan.

Kedua, Jepang

Hari Ibu di Jepang awalnya dirayakan pada ulang tahun Permaisuri Koujun. Permaisuri Koujun sendiri telah menjabat hampir sepanjang abad ke-20. Namun, hari Ibu kemudian dipindah ke hari Minggu kedua di bulan Mei. Masyarakat Jepang akan membelikan berbagai hadiah yang disukai ibu mereka. Sama seperti Amerika, bunga menjadi hadiah yang paling banyak diberikan di hari Ibu.

Ketiga, Meksiko

Masyarakat Meksiko merayakan Hari Ibu dengan perayaan yang meriah. Pada tanggal 10 Mei, Hari Ibu di Meksiko, banyak keluarga yang mengundang band ke rumah mereka. Ibu bisa meminta dinyanyikan lagu kesukaan mereka dan makan makanan yang disukai. Selain nyanyian dan makanan, bunga jadi hadiah wajib yang diberikan pada perayaan Hari Ibu di Meksiko.

Keempat, Ethiopia

Hari Ibu di Ethiopia dirayakan dengan festival tiga hari yang disebut Antrosht, yang berlangsung pada akhir musim gugur. Bukan hanya perayaan untuk menghormati ibu, tapi ini juga saat untuk merayakan akhir musim hujan. Hari Ibu dirayakan dengan bernyanyi dan menari dalam pesta yang meriah. Makanan tradisional Ethiopia juga disiapkan dan semua anggota keluarga membawa berbagai bahan makanannya.

Kelima, Mesir dan beberapa negara di Timur Tengah

Perayaan Hari Ibu di Mesir pertama kali diadakan pada tahun 1956. Hari Ibu di negara ini jatuh pada tanggal 21 Maret di hari pertama musim semi. 

Selain Mesir, negara di Timur Tengah seperti Bahrain dan Uni Emirat Arab juga merayakan Hari Ibu di tanggal ini.

Pada hari itu, masyarakat akan melakukan perayaan dan memberikan beragam hadiah pada ibu mereka.

Setiap negara memang punya sejarah dan perayaan Hari Ibu masing-masing, tetapi tujuan mereka semua sama, yaitu menyampaikan rasa terima kasih mereka kepada para ibu yang melahirkan dan membesarkan mereka tanpa rasa pamrih.

Bagaimana dengan Anda pribadi? Biasanya merayakan Hari Ibu dengan cara seperti apa?

[Ahmad Firmansyah]


HARGA BETON MURAH di Jabodetabek Klik di Sini

Lebih baru Lebih lama