Mendapat Naungan-Nya Karena Cinta

 

Ilustrasi gambar : Afif Wafa'

Oleh Muhammad 'Afif Wafa | Mahasiswa STAI Al-Fatah Cileungsi, Bogor 


CINTA adalah fitrahnya seorang manusia yang hidup di bumi ini. Dengan cinta hidup akan lebih berwarna, karena banyak sekali hal yang kita lakukan sebenarnya itu karena cinta. Tanpa cinta entah seperti apa kehidupan di dunia ini, mungkin akan penuh dengan keegoisan, kebencian dan kerusakan di mana mana.

Mari kita mengerucut pembahasan tentang perasaan cinta yang dialami para pemuda biasanya. Rasa cinta berawal dari ketertarikan, kemudian mulai muncul rasa penasaran dengan lawan jenisnya, lalu mencari tau semua hal tentangnya, hingga tumbuhlah benih-benih cinta.

Tidak jarang pemuda yang tidak bisa mengendalikan rasa cintanya dan ternyata berakhir dengan lara. Padahal sejatinya cinta membawa kepada keindahan dan kebahagiaan.

Taukah kalian jika ternyata ketika kita mencintai seseorang karna Alloh akan mendapatkan naungan di hari kiamat? Baca hadist di bawah :


"....وَرَجُلَانِ تَحَابَّا فِي اللَّهِ اجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ..... (متفق عليه)"

(Dua orang yang saling mencintai karna Alloh, mereka bertemu karna Alloh, dan berpisah pun karna Alloh)

Pada hadist tersebut dijelaskan bahwa ada 7 golongan manusia yang akan diberi naungan dimana tidak ada naungan kecuali untuk 7 golongan tersebut, salah satunya adalah pemuda yang saling mencintai karena Allah, bertemu karena Alloh, dan berpisah pun karena Alloh. Masya Allah yaa 

Etss tapi yang perlu dipahami di sini ialah saling mencintai karna Alloh itu ialah Alloh ridho dengan perasaan kita. Di mana perasaan itu dijaga dan berdoa agar dijauhkan dari hal-hal yang mendekati maksiat.

Lain halnya jika ada seorang laki-laki yang mengungkapkan perasaannya kepada seorang perempuan dan ia berkata "ukhti aku mencintai mu karna Alloh". Tapi ternyata membuat baper hati ukhti tersebut dan ia pun menjawab baper "aku pun mencintaimu karena Allah" jadilah mereka mengklaim bahwa mereka pacaran syar'i.

ealadalaa bukan begitu yang dimaksud. Itu berarti mereka mengklaim bahwa cintanya karena Alloh padahal mah karena mengikuti hawa nafsu. Na'udzubillah

Cinta yang karena Alloh itu pasti akan membuat kita semakin dekat pada Alloh, semakin membuat kita rajin beribadah, amalan Sunnah, berbakti kepada orang tua, dan memantaskan dirinya. Bukan malah bermesraan, berdua-duaan dan lain sebagainya.

Dalam hal ini, sama-sama kita ketahui bahwa perbuatan tersebut dilarang oleh agama, karena termasuk mendekati zina dan menyakiti orang tua kita. Jangan salah, orang tua yang mengurusnya dari kandungan sampai sebesar itu, eehh kasih sayangnya malah buat anak orang lain dan orang tua diacuhkan begitu saja. Padahal hidupnya saja masih bergantung kepada kedua orang tuanya.

Jadi marilah kawan kawan, kita berusaha mencintai seseorang karena Alloh, yakni dengan perasaan itu akan membuat kita semakin dekat dengan Sang Penguasa. supaya kita termasuk sebagai orang yang mendapat naungan kelak di hari kiamat. Aamiin. [] 

Lebih baru Lebih lama