Jalan-jalan ke Aceh? Jangan lupa Kunjungi empat Masjid Ini

 



BASHIRAHNEWS.COM, BANDA ACEH - Sebagai wilayah yang menjalankan syariat islam, tak heran jika banyak masjid yang bertebaran di seluruh daerah di Provinsi Aceh. 


Aceh juga dikenal sebagai negeri seribu masjid. Selain banyak, juga memiliki banyak masjid yang megah nan indah. Memiliki arsitektur yang khas membuat masjid-masjid ini banyak dikunjungi orang. 


Tak hanya sebagai tempat beribadah, masjid di Aceh juga sebagai wisata religi untuk mengenal Islam lebih dalam.


Berikut ini adalah deretan masjid yang megah juga indah di  Aceh yang dapat anda kunjungi.


Masjid Raya Baiturahman

Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh


Masjid yang terletak di pusat kota Banda Aceh, Aceh, Indonesia merupakan simbol agama, budaya, semangat, kekuatan, perjuangan dan nasionalisme rakyat Aceh.


Masjid yang kini memiliki 12 payung elektrik ini sempat menyabet pemenang sebagai Daya Tarik Wisata Terbaik di Kompetisi Wisata Halal Nasional pada 2016.


Dulunya, Masjid yang menjadi landmarknya masyarakat Aceh pernah di bakar oleh penjajah Belanda. Masjid ini memiliki 7 Kubah dan 8 Menara. 



Masjid Agung At-Taqwa Kuta Cane

Jl. Babussalam, Pulo Sanggar, Babussalam, Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh


Berdiri megah di pusat Kota Kutacane, Masjid Agung At-Taqwa kini menjadi salah satu pesona Kabupaten Aceh Tenggara.


Arsitektur bangunan ini mengikuti gaya Turki berpadu dengan corak Khas adat Alas Gayo. Masjid ini dibangun semasa Bupati Hasanuddin Beruh dan selesai pada tahun 2016. Dengan biaya mencapai Rp. 72,9 miliar lebih. 


Masjid dilengkapi dengan berbagai ornamen yang menambah kesan megahnya. Lima kubah utama menjadi simbol masjid dan 15 kubah pendamping. 


Masjid Haji Keuchik Leumik

Lokasi Gampong Lamseupeung, Kecamatan

Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Aceh


Terletak di bantaran Sungai Krueng Aceh, Masjid Harun Keuchik Leumik menjadi lokasi wisata religi baru di Tanah Rencong.


Almarhum Haji Harun Keuchik Leumik adalah pengusaha emas di Aceh yang membangun masjid ini. Ia juga seorang wartawan senior di Aceh.


Masjid ini berukuran 34 X 22 meter persegi ini memiliki satu kubah besar dan empat kubah berukuran kecil. Satu menara menjulang tinggi di sampingnya.

 

Di bagian dalam masjid, beberapa kaligrafi berukuran besar menghiasai dinding depan. Lampu gantung yang dipasang di bagian dalam kubah menambah kemewahan masjid ini.


Masjid Oman Al-Makmur Banda Aceh

Jl. Teuku, Jl. Tgk Moh. Daud Beureuh, Bandar Baru, Kec. Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Aceh


Masjid Oman Al-Makmur pernah meraih gelar terbaik sebagai masjid teladan ke-II se nasional. Yang diselenggarakan oleh BNI Syariah Pusat. 


Masjid ini direnovasi pasca-tsunami oleh Pemerintah Kerajaan Oman dengan gaya arsitektur Timur Tengah.


Jika Ramadhan tiba, masjid ini selalu penuh oleh jamaah, bahkan sampai hari terakhir banyak peserta i'tikaf dari berbagai daerah termasuk turis Malaysia. 


Selain juga, selalu menghadirkan Syeikh, imam shalat dari Makkah dan Sudan atau negeri Timur Tengah lainnya. []


Lebih baru Lebih lama