Daun Pegagan, Tanaman Liar Sejuta Manfaat

Foto : google

BASHIRAHNEWS.COM- Daun pegagan (Centella asiatica) adalah tanaman liar yang sering digunakan oleh orang-orang Asia. Tumbuhan ini juga sudah sejak lama digunakan dalam pengobatan tradisonal Cina serta pengobatan Ayurveda.

Selama lebih dari 3.000 tahun, pegagan telah digunakan oleh para herbalis dan harimau untuk mengobati lukanya. Karena ini juga dau pegangan mendapat julukan ‘tiger grass’. Dalam beberapa tahun terakhir ini, bahan dasar yang ajaib ini kemudian dipelajari sebagai bahan perawatan kulit yang efektif untuk mengobati berbagai kondisi kulit, seperti jerawat, dan eksim. 

Menurut Dr Joshua Zeichner, direktur kosmetik dan penelitian klinis Departemen Dermatologi di Mount Sinai Hospital, New York City. "Cica Telah terbukti membantu meredakan peradangan melalui kandungan antioksidan yang kuat dan membantu meningkatkan penyembuhan luka."

Karena kasiatnya yang banyak di bicarakan oleh orang orang, makan para ahli pun melakukan riset ilmiah tentang manfaat daun pegagan antara lain :

1. Meningkatkan fungsi otak dan daya ingat. 

Manfaat daun pegagan sebagai ramuan herbal untuk mengatasi gangguan suasana hati dan meningkatkan daya ingat sudah dipraktikkan dalam pengobatan tradisonal sejak lama. 

Daun pegagan diduga bisa memengaruhi kemampuan kognitif dan memori secara tidak langsung. Pasalnya, tanaman ini memang memiliki efek meningkatkan kewaspadaan, dan meningkatkan kemampuan memori jangka pendek.

2. Memperbaiki suasana hati dan mengatasi depresi. 

Daun pegagan nampaknya juga memiliki efek mengurangi gangguan kecemasan dengan cara mengontrol aktivitas neurotransmiter yang disebut gamma-aminobutyric acid (GABA). Kandungan asam asiatat dalam tanaman ini diperkirakan menjadi pemicu efek pada GABA tersebut. 

Khasiat asam asiatat dalam daun cica memengaruhi penyerapan GABA oleh otak. Hal ini menjadikan daun pegagan berpotensi menjadi obat herbal untuk mengatasi gangguan kecemasan, insomnia, dan depresi tanpa efek sedatif seberat obat-obatan kimia. 

3. Memperbaiki sirkulasi darah. 

Manfaat daun pegagan selanjutnya adalah memperbaiki sirkulasi darah. Berdasarkan penelitian, ada sejumlah bukti mengenai manfaat daun pegagan untuk memperbaiki sirkulasi darah bagi penderita chronic venous insufficiency (CVI). Penyakit ini adalah gangguan pada pembuluh vena di kaki, sehingga terjadi mengalami masalah dalam mengalirkan darah kembali ke jantung. 

Sebuah riset di Malaysia menyimpulkan bahwa kelompok lanjut usia yang diobati dengan daun pegagan menunjukkan perbaikan yang signifikan dari gejala CVI. 

4. Menyamarkan stretchmark dan menyembuhkan luka. 

Menurut penelitian ilmiah tahun 2013, manfaat daun pegagan ini berkhasiat menyamarkan penampakan strechmark di kulit. Kandungan terpenoid dalam tanaman ini diduga bisa meningkatkan produksi kolagen oleh tubuh.

Berkat itulah, tanaman ini diyakini mampu mencegah timbulnya stretchmark baru, sekaligus memperbaiki penampilan kulit dengan menyamarkan stretchmark yang sudah ada. 

Riset lain juga menemukan bahwa ekstrak daun pegagan memiliki efek positif dalam mempercepat penyembuhan luka, untuk beberapa jenis. Misalnya, luka akibat beda tajam, luka sobek tak beraturan akibat benturan, dan luka yang terinfeksi. 

Para penggemar skincare mungkin tak asing lagi dengan manfaat daun pegagan untuk luka ini. Pasalnya, cica cream yang mengandung centella asiatica belakangan ini kerap diminati karena manfaatnya dalam menyembuhkan luka, khususnya jerawat.

5. Membantu dalam meredakan sakit persendian. 

Khasiat antiradang dari pegagan diduga bisa membantu mengatasi artritis. Sebuah studi terhadap tikus di laboratorium menemukan bukti bahwa pemberian tanaman ini bisa mengurangi radang sendi maupun erosi tulang rawan. 

Kandungan antioksidan dalam daun pegagan juga berpengaruh positif terhadap imunitas tubuh, sehingga mengurangi inflamasi. 

7. Mengatasi insomnia. 

Karena daun pegagan dipercaya bisa mengatasi gangguan cemas, stres dan depresi, banyak orang yang menganggap kalau pegagan juga bisa mengatasi insomnia.

Sebuah studi juga sudah membuktikan manfaat pegagan dalam mengatasi gangguan tidur. Namun, studi terbaru masih diperlukan untuk membuktikan efektivitasnya.

8. Berpotensi meredakan gejala Alzheimer. 

Manfaat pegagan selanjutnya ialah meredakan gejala penyakit Alzheimer. Ekstrak daun pegagan terbukti bisa menjaga sel otak dari racun yang bisa menyebabkan munculnya plak. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memperkuat klaim ini. [Khairunnisa

Lebih baru Lebih lama