Sampah Bagimu, Berkah Bagiku

 


BAGI kebanyakan orang sampah adalah hal yang tidak berguna dan akan dibuang begitu saja. Bahkan saat ini sampah menjadi masalah yang belum ditemukan titik terang dalam penanganannya.


Namun sadarkah kita sampah bisa menjadi sesuatu yang berharga jika ditangani oleh orang yang kreatif dan mempunyai inovasi unik. Seperti yang dilakukan Edy Suranta Ginting, pemuda asal Berastagi Sumatera Utara yang memanfaatkan sampah plastik dan mengubahnya menjadi lukisan.


Pemuda Karo tersebut adalah pegiat di bidang lingkungan hidup, seni dan edukasi terutama dalam hal pengolahan dampak sampah. Hobinya melukis, meski hobinya terlihat sama seperti kebanyakan orang, ada hal yang membedakannya yaitu ia melukis menggunakan sampah plastik.


Hal ini didasari karena ia ingin menunjukkan bahwa sampah juga memiliki manfaat dan memberi motivasi kepada semua orang untuk lebih peduli terhadap dampak sampah dan memanfaatkan sampah menjadi suatu karya yang bernilai jual tinggi.


Ia pun sudah membuat lukisan dari kalangan petinggi dan artis seperti Ibu Susi Pudji Astuti, Najwa Shihab dan juga Nikita Mirzani. 


Edy mengatakan bahwa banyak sekali netizen yang meminta dibuatkan karya lukis dari sampah plastik tersebut. Namun pembuatan lukisan dari sampah plastik itu tidak mudah. Untuk menyelesaikan satu lukisan, Edy membutuhkan waktu sekitar tiga minggu.


Selain membutuhkan waktu yang lama, ia juga membutuhkan peralatan untuk membuat lukisan seperti kain kanvas yang harus dibelinya dengan harga yang tidak murah.


Ia saat ini mengabdikan diri di wilayah Sulawesi Selatan bersama beberapa rekannya. Ia melakukan banyak kegiatan untuk perbaikan lingkungan seperti penanaman bibit mangrove, pembersihan sampah di selokan maupun pantai dan penyelamatan hewan penyu.


Setiap kegiatannya banyak diunggah di media sosial seperti Instagram dan Tiktok yang menuai banyak pujian dan support dari para netizen. [Fatimah] 

Lebih baru Lebih lama