Penerapan 3R Pada Botol Plastik


Oleh Mu'arofah Sya'ada | Mahasiswi STAI Al-Fatah Cileungsi, Bogor 


BERAWAL dari acara yang saya tonton, suatu channel YouTube MBC Good Neighbors International. Berisikan tentang dua orang publik figur asal korea selatan Jeno-Jaemin [member NCT Dream] untuk menjadi volunteer membantu anak-anak yang kurang mampu. Kegiatannya adalah memilah sampah yang masih bisa digunakan/dijual kembali. 


Dengan contoh di atas, Indonesia dipilih karena dinilai masih banyak anak putus sekolah dan terpaksa bekerja. Di Bekasi, tepatnya Bantar Gebang juga sebagai Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dari daerah Jakarta dan sekitarnya, menjadikan gunung-gunung sampah yang menjulang tinggi.


Sampah yang paling banyak adalah sampah plastik. Plastik juga sampah yang paling lama terurai. Terhitung kurang lebih 450 tahun baru bisa terurai.


Sehari-hari saya sering kali melihat banyak minuman yang berwadah plastik. Menurut saya, penerapan 3R (Reuse, Reduce, Recycle) pada limbah plastik dapat menjadi salah satu upaya untuk mengurangi pencemaran lingkungan dari sampah plastik tersebut. 


BACA JUGA : Timbunan Sampah Capai 67,8 Ton Pertahun


Reuse ialah mengurangi pemakaian botol-botol plastik, terutama botol sekali pakai. 


Reduce yaitu menggunakan kembali barang yang masih layak pakai. Penggunakan botol plastik bertanda 5PP dapat menjadi salah satu cara agar dapat menggunakan botol plastik berulang kali tanpa harus nembuangnya. 


Recycle ialah mendaur ulang sampah-sampah plastik. Botol sekali pakai bisa untuk wadah menanam pohon kecil atau wadah minyak bekas.


Selain itu, botol plastik juga bisa digunakan untuk membuat tong sampah dengan menggabungkan tutup botol dengan kabel tis dan lem tembak. Lalu dirangkai sedemikian rupa hingga menjadi sebuah tabung lalu ditutup dengan triplek/papan tipis, dan jadilah tong sampah dari bahan daur ulang yang dapat berguna kembali.


Itulah beberapa penerapan 3R yang bisa saya uraikan, tidak terlalu banyak namun lumayan efektif menurut saya. Karena waktu di sekolah banyak pemakaian  pada botol (pet1) sekali pakai dan bisa mengurangi limbah plastik dilingkungan sekitar.[]

Lebih baru Lebih lama